Kawasan Surabaya Ini Masuk Zona Merah, Sulit Dapat Kredit Kendaraan

Kawasan Zona Merah di Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Baru-baru ini pelabelan negatif sebuah tempat sedang ramai diperbincangkan publik. Bila di Pati, Jawa Tengah ada Desa Sukolilo, dan Malang muncul nama Kampung Muharto. Ternyata di Surabaya juga terdapat kawasan yang dianggap zona merah.

Mahameru EVI, Kompetisi Pertama di Indonesia yang Digelar Polda Jatim

Stigma buruk yang melekat berbuntut pada kehidupan masyarakat setempat. Warga menjadi kesulitan mendapatkan akses pinjaman bank, terutama kredit kendaraan.

Perusahaan pembiayaan alias leasing sering berpikir ulang sebelum memberikan kredit karena tak ingin berurusan dengan nasabah bermasalah.

Memasuki Kemarau, Wisatawan Diminta Tak Memicu Kebakaran

"Kalau di Surabaya ada nggak lokasi yang di-blacklist? banyak," jawab Niko selaku Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia Jawa Timur kepada Viva Jatim, Jumat, 14 Juni 2024.

Ia menjelaskan, perusahaan multifinance telah memetakan lokasi zona merah di kota pahlawan. Kawasan ini selalu dihindari karena umumnya masyarakat di sana kurang produktif dalam urusan kredit.

Potret-potret Kota Lama Surabaya yang akan Diluncurkan sebagai Wisata Baru

Apalagi kata dia, nasabah yang mengajukan pinjaman berasal dari suku tertentu, "Multifinance sudah nggak mau itu," tandasnya.

Niko menyebut, tempat yang dianggap red area oleh para leasing tersebar di kawasan Surabaya Utara. Tak hanya pengajuan kredit kendaraan baru, untuk unit bekas dengan uang muka tinggi sekalipun, sedikit leasing yang bersedia mencairkan pinjaman.

Halaman Selanjutnya
img_title