Mahfud Arifin-Bayu Airlangga Berpotensi Rebut Kursi Walikota Surabaya

Mahfud Arifin-Bayu Airlangga
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Temperatur Pemilihan Walikota Surabaya 2024 mulai menaik. Pasalnya petahana Eri Cahyadi-Armuji akan mendapat penantang yang kuat. Pasangan Mahfud Arifin-Bayu Airlangga dinilai paling berpotensi merebut kursi Walikota dan Wakil Walikota Surabaya. 

DPRD dan Polda Jatim Bersinergi Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menyebut jika pasangan Machfud Arifin-Bayu Airlangga terealisasi akan membuat Pilwali Surabaya dinamis dan kompetitif. 

"Petahana [Eri-Armuji] tak lagi bisa bersantai karena pak Machfud punya pengalaman dalam kontestasi Pilkada di Surabaya. Saya pikir itu akan menjadi pesaing paling serius untuk bisa diwaspadai petahana," katanya, Sabtu 22 Juni 2023. 

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Surokim membeberkan nama Machfud Arifin dan Bayu Airlangga dikenal dengan pengalamannya dalam politik lokal dan nasional. Mereka memiliki kekuatan dengan basis dan rekam jejaknya untuk menantang petahana. 

"Bayu Airlangga juga didukung oleh jaringan politik yang kuat, termasuk dukungan dari tokoh terkemuka di Jawa Timur (Pakde Karwo). Kami menyakini, Bayu Airlangga siap menawarkan alternatif baru dalam kepemimpinan kota ini," jelasnya. 

Viral Khatib Salat Id di Yogyakarta Ditinggal Jemaah gegara Bahas Politik

Machfud Arifin-Bayu Airlangga dengan latar belakangnya yang mencakup berbagai jabatan strategis, kata Surokim, ekspektasi terhadap kemampuannya untuk mengubah dinamika politik lokal cukup tinggi. 

Di sisi lain, Bayu Airlangga, kata dia, telah membangun reputasi sebagai figur yang energik dan berjiwa muda, memiliki dukungan kuat dari berbagai pihak. 

Halaman Selanjutnya
img_title