Wapres Ma’ruf Amin Puji Pengelolaan Limbah Terintegrasi di SIER Jadi Contoh Nasional

Wapres Ma’ruf Amin saat mengunjungi PIER
Sumber :
  • VIVA Jatim/Nur Faishal

Pasuruan, VIVA Jatim – Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) pada Kamis, 27 Juni 2024. PIER yang dikelola oleh PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), merupakan kawasan industri milik pemerintah.

50 Tahun SIER: Dedikasi untuk Industri Hijau dan Pertumbuhan Ekonomi

Wapres Ma’ruf datang didampingi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, serta Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono. Hadir pula komisaris dan direksi PT SIER.

Dalam kunjungan tersebut, Wapres Ma’ruf memberikan apresiasi atas pengelolaan limbah yang terintegrasi dalam satu kawasan industri. 

Dorong Pemilu Jujur Adil, Dirut BUMN PT SIER Ajak Foto Formulir TPS

"Saya mendengar kawasan industri ini akan diperluas lagi di Ngawi, dengan luas mencapai 2.000 hektare. Saya berharap di kawasan industri Ngawi nanti pengolahan limbahnya juga terintegrasi di dalam satu kawasan seperti ini, sehingga tidak ada lagi pencemaran di luar," kata Ma’ruf Amin.

Ia sangat memahami pentingnya pengelolaan limbah, terutama limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun). Di PIER, pengelolaan limbah yang saat ini ada adalah pengolahan limbah cair, pengembangannya akan terintegrasi dengan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) industri dan juga pengolahan limbah B3.

Temui Wapres, Khofifah bakal Hijaukan GBK saat Harlah Muslimat NU

"Sampah B3 itu sangat berbahaya karena mengandung racun dan bisa menimbulkan kontaminasi. Oleh karena itu harus dikelola dengan baik, saya harap semuanya terintegrasi di dalam kawasan industri. Ini sangat penting dan menjadi perhatian semua pihak," tegasnya. 

PT SIER dikenal sebagai pionir dalam pengelolaan limbah di kawasan industri. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik PT SIER yang menjadi salah satu pengolahan IPAL terbesar di Indonesia menjadi bukti nyata dari prinsip SIER dalam tagline ‘Green, Modern, and Integrated’ dalam mengelola kawasan industri.

Halaman Selanjutnya
img_title