Pj GubernurAdhy Siap Wujudkan Arahan Jokowi Majukan Industri Kelapa Berkelanjutan

Presiden Jokowi saat Konferensi Cocotech ke-51 di Surabaya.
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan siap untuk mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memajukan industri kelapa berkelanjutan dan mewujudkan ekonomi hijau.

Harga Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan, Telur Ayam Ras Capai Rp 28 Ribu

Hal itu disampaikan Adhy usai hadir mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam pembukaan konferensi dan pameran internasional COCOTECH ke-51 di Ballroom Hotel Westin Surabaya pada Senin, 22 Juli 2024, kemarin.

Adhy menjelaskan, sektor kelapa yang berkelanjutan dibarengi kemajuan teknologi serta solusi energi terbarukan berbasis kelapa diyakini mampu mengatasi perubahan iklim global dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Nelayan Tuban Hilang saat Melaut, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Karena itu, menurutnya Konferensi Cocotech ke-51 ini sangat penting.

"Konferensi ini dihadiri 400 peserta terdiri atas delegasi negara anggota dan non anggota ICC, serta pakar komoditas kelapa dari seluruh dunia untuk menyoroti isu-isu global yang berdampak pada industri kelapa dunia serta mendorong terwujudnya ekonomi hijau komoditas kelapa," jelas Adhy.

Jokowi Kenang Almarhum Faisal Basri : Ekonom Kritis dan Detail Saat Koreksi Pemerintah

Ia menyebut, luas areal kelapa di Jatim 201,923 dengan jumlah produksi kelapa per tahun 2023 sebanyak 228.831 ton. Penghasil kelapa terbanyak di Jatim adalah Kabupaten Sumenep berjumlah 43.370 ton.

Ke depan, Adhy berkomitmen akan terus meningkatkan pengembangan industri kelapa di Jatim melalui sinergi dengan berbagai kelompok.

Halaman Selanjutnya
img_title