Khofifah-Emil Borong Rekomendasi 14 Partai, Daftar ke KPU Diiringi Kirab Budaya

Paslon Khofifah-Emil menerima B1-KWK dari PSI Jatim.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pasangan calon (paslon) Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) petahana, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, dijadwalkan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim di Jalan Kendangsari Surabaya pada Rabu, 28 Agustus 2024, pagi ini. Ke kantor KPU, Khofifah-Emil akan diiring oleh kirab budaya.

Paripurna Perdana DPRD Jatim Bahas Tata Tertib Periode 2024-2029

Seluruh pimpinan dan kader partai politik yang memberikan rekomendasi serta relawan juga akan mendampingi Khofifah-Emil saat mendaftar ke KPU. Berangkat dari rumahnya di Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Khofifah-Emil akan bergerak menuju kantor KPU Jatim sekitar pukul 09.00 WIB.

Bisa dikatakan, Khofifah-Emil adalah paslon Pilgub Jatim yang paling siap. Ia didukung total 14 partai politik, terdiri dari 8 partai parlemen dan 6 partai nonparlemen. 8 partai parlemen pengusung Khofifah-Emil ialah Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PAN, PKS, NasDem, dan PSI.

Temui Kader PDIP di Lamongan, Risma Pamer Keberhasilan Bangun Surabaya

Sementara partai nonparlemen yang mengusung paslon inkumben ini ialah Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang, Partai Kebangkitan Nasional, Partai Perindo, dan Partai Garuda. Tersisa 4 partai yang tidak bergabung ke koalisi ini, yakni PKB, PDIP, Partai Hanura, dan Partai Ummat.

“Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan untuk membangun sinergi elemen partai pengusung,” kata Khofifah pada Selasa kemarin.

DPRD Jatim akan Segera Sahkan APBD 2025 pada 10 November Mendatang

PDIP sudah memastikan akan mengusung Tri Rismaharini atau Risma untuk maju sebagai calon gubernur. Sembari menggodok calon wakil gubernur yang dikebut, PDIP rencananya akan mengumumkan paslonnya pada Rabu ini. Partai Hanura dan Partai Ummat juga dikabarkan akan jagoan PDIP.

PDIP kemungkinan besar akan mengusung calon tanpa PKB, partai yang sejak awal diwacanakan akan berkoalisi melawan Khofifah-Emil. “Kalau [Pilgub Jatim] Jawa Timur [PDIP usung] Risma. Insya Allah confirmed,” kata Ketua DPP PDIP M Said Abdullah di Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title