Kekuatan Dua Sosok Kiai di Pilbup Mojokerto 2024, Dua Kandidat Berebut Suara Nahdliyyin

Gus Barra - Rizal
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA Jatim – Gelanggang Pemilihan Bupati (Pilbup) Mojokerto 2024 diprediksi akan menjadi ajang pertarungan sengit dalam merebut suara warga Nahdliyin. Mengingat, basis Nahdlatul Ulama (NU) di wilayah ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Mubes Alim Ulama Bakal Bentuk Presidium Daerah, Dorong Muktamar Luar Biasa NU

Pilbup kali ini, juga diprediksi akan menjadi ajang adu kekuatan dua sosok kiai di balik dua kandidat pasangan calon (paslon). Yaitu, KH Asep Saipudin Chalim dan KH Chusaini Ilyas. 

Dua kandidat yang akan maju di Pilbup Mojokerto adalah Ikfina Fahmawati dan Muhammad Al Barra atau Gus Barra. Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto 2019-2024 ini pecah kongsi karena hubungan yang tak harmonis. 

Tegas! GP Ansor Cirebon Siap Bubarkan Paksa MLB NU

Di Pilbub 2024, Ikfina menggandeng putra Kiai Chusaini Ilyas sebagai wakilnya, Gus Sa’dulloh Syarofie. Saat ini, Gus Dulloh menjabat sebagai Wakil Ketua II PCNU Kabupaten Mojokerto. Ia juga sempat menjadi Dewan Instruktur PW GP Ansor Jatim. 

Sedangkan Gus Barra adalah putra KH Asep Saipudin Chalim. Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto itu maju ditemani dr Rizal Octavian. 

ASN Deklarasi Netralitas di Pilkada Trenggalek 2024

Rizal sendiri merupakan putra Achmady, mantan Bupati Mojokerto periode 2000 - 2008. 

Dari dua kandidat paslon tersebut sama-sama punya keterikatan kultural maupun struktural dengan Nahdlatul Ulama. Tarik menarik masa tak ayal mengharuskan keduanya meramu strategi dan visi-misi terbaik. 

Halaman Selanjutnya
img_title