Cuaca Jatim 2 Oktober 2024: Surabaya Cerah, Blitar dan Sekitarnya Hujan

Ilustrasi hujan.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda merilis prakiraan cuaca di seluruh daerah Jawa Timur (Jatim) pada Rabu 2 Oktober 2024 cerah hingga berkabut, namun potensi hujan masih akan terjadi di Sebagian wilayah Jawa Timur. 

Cuaca Jawa Timur Hari Ini Jumat 27 September 2024: Siang Hingga Sore Hari Hujan

Secara umum cuaca di Jawa Timur pada pagi hari diprakirakan cerah, berawan, dan berkabut. Sedangkan siang hingga sore hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan. Pada malam hari diprakirakan cerah, berawan, dan berkabut. Dan dini hari diprakirakan berawan, dan berkabut.

Cuaca hujan diprediksi akan melanda Blitar, Bondowoso, Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Situbondo, dan Tulungagung. Sementara Surabaya diprediksi cerah dan berawan sepanjang hari.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 September 2024: Berawan hingga Hujan Ringan Sore Hari

Data BMKG Juanda menyebutkan suhu udara berkisar antara 13.0 - 37.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 28.0 - 99.0 %. Sementara itu angin dominan bertiup dari timur ke tenggara dengan kecepatan 05 - 33 km/jam.

Kondisi cuaca umumnya Berawan di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur. Potensi hujan terjadi di perairan Selatan Jawa Timur. Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.3-1.3 meter, dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.3 meter.

Update Cuaca Jatim, Beberapa Wilayah Akan Diguyur Hujan Dua Hari ke Depan

Arah angin didominasi dari arah Timur-Tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 19 knots (35 km/jam), dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (27 km/jam).