Kelabuhi Teller Bank BCA, Abang Becak di Surabaya Ini Cairkan Uang Rp 345 Juta Milik Orang Lain

Abang Becak Surabaya
Sumber :
  • pixabay

Jatim –Siapa sangka pria bernama Setu yang berprofesi sebaga tukang becak di Surabaya ternyata berhasil mengelabuhi dan menggondol uang milik orang lain hingga ratusan juta rupiah.

TKN Prabowo-Gibran Launching Becak Listrik di Madiun, Ratusan Unit Bakal Didistribusikan

Pelaku berhasil mengelabuhi teller sebuah Bank BCA di Surabaya pada Jumat 5 Agustus 2022 siang sekitar pukul 12.00 WIB silam, ia mencairkan tabungan milik korbannya, Muin Zachry. Pelaku berhasil menggondol uang sejumlah Rp 345 juta yang berada di tabungan Muin. 

Hanya bermodal peci, pakaian, dan memanipulasi tanda tangan pemilik rekening. Pria yang bekerja sebagai tukang becak itu menceritakan bahwa dirinya memakai peci ketika mendatangi bank swasta yang berlokasi di kawasan di Indrapura, Surabaya. 

Berharap Kesejahteraan, Paguyuban Becak di Ponorogo Dukung Prabowo Presiden 2024

Hal tersebut dilakukan supaya perawakannya mirip korbannya, Muin. Agar aksinya lebih mulus, Setu memanfaatkan momen Pandemi COVID-19 dengan menyematkan masker agar wajahnya tak terlihat secara jelas.

Peristiwa ini dibenarkan oleh saksi atau teller Bank BCA, Maharani Istono Putri. Ketika memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang di PN Surabaya, ia mengaku penyamaran Setu dengan pemilik rekening, Muin hampir serupa. Pun dengan nomor pin dan KTP yang ia bawa.

Kata Manajemen Soal M-Banking BCA Eror dan Saldo di ATM Nol Rupiah

"Pak Setu bawa buku tabungan, tahu nomor PIN dan KTP asli juga," kata Putri, Selasa 17 Januari 2023.

Putri mengakui kelemahannya. Sebab, tak memperhatikan postur tubuh Setu secara detail dan menyamakan kemiripan dengan Muin. Menurutnya, hanya wajah Setu mirip dengan Muin.

Halaman Selanjutnya
img_title