Jelang HPN 2023, Dewan Pers Ingatkan Misi Utama Media sebagai Pilar Keempat Demokrasi

Dewan Pers Ingatkan Misi Utama Media
Sumber :
  • Viva.com

JatimMedia tidak boleh melupakan misi utamanya sebagai pilar keempat demokrasi. Media harus kembali kepada idealismenya yang semula. Hal tersebut bisa dilakukan jika dari sisi finansial sudah relatif terpenuhi. 

Konferensi PWI Malang Raya, Diharapkan Sinergi Pemerintah hingga Dunia Usaha

Begitulah yang disampaikan oleh Anggota Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro di rangkaian Konvensi Media Massa dengan tema "Peluang di Tahun yang Menantang" dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional 2023 di Medan.

“Jika kebutuhan dari sisi ekonomi sudah memadai, media perlu kembali pada visi dan misi yang diembannya. Media itu merupakan pilar keempat demokrasi,” kata Sapto dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu, 8 Februari 2022.

Dewan Pers Tagih Pemerintah Terbitkan Regulasi Hak Cipta Jurnalistik

Sapto menyarankan agar media di era digital ini tidak menyerahkan seluruh aplikasi atau kontennya kepada pihak lain. Apalagi, ujar dia, jika itu diserahkan kepada pihak lain yang notabene merupakan perusahaan asing.

"Semua fasilitas dan aplikasi digital harus dikuasai oleh media. Jika sebuah media sudah menyerahkan aplikasi dan kontennya kepada pihak lain, maka itu sama artinya menyerahkan separuh hidupnya untuk dikelola ke pihak lain. Pasal 1 ayat 6 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers menyatakan bahwa pers nasional adalah pers yang diselenggarakan oleh perusahaan pers Indonesia," katanya.

Komitmen PWI Jatim Kawal UMKM Jadi Tulang Punggung Ekonomi Masyarakat 

Pihaknya menyarankan sebaiknya media digital bisa membangun ekosistem sendiri, sehingga dengan membangun komunitas atau ekosistem memungkinkan sebuah media untuk bisa mendapatkan pemasukan.

Di samping itu, bukan tidak mungkin ekosistem itu justru menarik minat pihak lain untuk bergabung. Menurut Sapto, peluang bisnis media digital sangatlah banyak mulai dari pemasangan iklan, kerja sama dengan pemerintah atau pihak ketiga, membuat komunitas, memasukkan berbagai aplikasi yang menarik minat warga, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
img_title