Cara Relawan Ganjar Jatim Bangun Kemandirian Ekonomi Santri lewat UMKM

Kiai Muda Jawa Timur Dukung Ganjar
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan kemandirian ekonomi. Peluang itu mampu dibaca oleh Kiai Muda Jawa Timur pendukung Ganjar. 

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Untuk itu, para relawan Ganjar di Jatim terus berkomitmen menjadikan pesantren sebagai cikal-bakal lahirnya UMKM baru. Sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan lebih luas. Salah satunya dengan menggelar Sarasehan Pesantrenpreneur di Pondok Pesantren Zainal Abidin Bungah, Gresik. Jumat, 24 Februari 2023. 

Koordinator Wilayah (Korwil) Kiai Muda Jawa Timur Ali Baidlowi menyatakan pihaknya menggelar pertemuan sekaligus doa bersama agar UMKM di lingkungan ponpes dan warga sekitarnya bisa tumbuh dan berkembang sehingga nanti bisa membuat lapangan pekerjaan baru.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

"Kami mengadakan Sarasehan Pesantrenpreneur di ponpes ini. Kami menjelaskan kepada santri dan warga sekitar pesantren bagaimana membuat UMKM dengan baik," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Gus Ali ini mengatakan pesantrenpreneur bertujuan membangun minat para santri dan masyarakat di lingkungan pesantren agar mau berwirausaha dengan menciptakan UMKM.

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

"Kami membangkitkan santripreneur dan pesantrenpreneur di sini salah satunya agar santri memiliki usaha setelah lulus nanti," katanya setelah kegiatan sarasehan entrepreneur itu.

Menurut Gus Ali, pihaknya melihat di Desa Bungah ada 25 UMKM yang eksis dan bisa menghidupi satu desa. Contohnya, perajin peci songkok, rebana, dan beduk. Kemudian, dia mengajak para peserta sarasehan untuk bisa mengambil pelajaran mencontohnya. "Santri diharapkan bisa mengambil contoh itu dan terinspirasi untuk membuat usaha setelah nanti lulus," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title