DPRD Jatim Lirik Inovasi Ajinomoto yang Sulap Limbahnya menjadi Pupuk 

Ketua Komisi D DPRD Jatim kunjungi PT. Ajinomoto di Mojokerto
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

JatimDPRD Jawa Timur meminta pupuk organik Amina yang dihasilkan PT. Ajinomoto digratiskan untuk para petani di sekitar pabrik. Hal ini dikatakan Ketua Komisi D DPRD Jatim, Agung Mulyono saat melakukan kunjungan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) berbahan dasar limbah tetes tebu PT. Ajinomoto, Kabupaten Mojokerto, Jumat 10 Maret 2023.  

Politisi Bawean Minta Pemerintah Segera Bantu Korban Gempa

"Pupuk Amina kalau bisa gratis untuk etani sekitar pabrik dan murah untuk petani Jawa Timur, yang membutuhkan," katanya. 

Penggratisan pupuk organik ini Agung katakan, agar para petani yang ada di sekitarnya juga dapat merakan manfaat keberadaan industri itu. 

Jaga Lingkungan Sehat, Bapemperda Jatim Inisiasi Raperda Kawasan Tanpa Rokok

"Mereka yang tanam padi, kedelai dan jagung harus bisa merasakan. Karena pupuk Jatim langka dan tidak mencukupi. Dan harga pupuk organik di pasar pun harganya mahal," katanya. 

Agung juga mengapresiasi pemanfaatan limbah tetes tebu yang ditransformasikan menjadi pupuk organik. Menurutnya hal ini adalah trobosan baru ditengah kelangkaan persediaan pupuk di lapangan. 

PKB Raih Suara Terbanyak Dapil Madura, Sisa Kursinya Diisi Pendatang Baru

"Tadi ada pengolahan limbah menjadi pupuk dan ini sebuah trobosan yang cukup bagus. Tinggal kini ditingkatkan lagi agar bisa menjangkau semua petani di Jatim," jelasnya. 

Tidak hanya para petani saja yang diuntungkan oleh PT. Ajinomoto dengan pengelohan limbah air tebu ini. Tapi juga dapat mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja untuk menekan angka pengangguran di Jatim. 

Halaman Selanjutnya
img_title