Belum Ada Solusi, Sampah Tetap Menumpuk di Pinggir Jalan Provinsi Tulungagung-Trenggalek

Sampah menumpuk dekat perbatasan Trenggalek-Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Jatim –Sempat ramai jadi perbincangan perilaku membuang sampah sembarangan terjadi di Jalan Provinsi Tulungagung-Trenggalek. Pasalnya, sampah terbilang banyak menumpuk di bahu jalan mengganggu pemandangan pengguna jalan yang lewat sejak 2021 silam hingga sekarang.

Tumpakan Sampah di TPS Benpas Timbulkan Bau Menyengat, Pj Wali Kota Mojokerto Turun Tangan

Pantauan Viva Jatim, tumpukan sampah berjajar sekitar 10 meter memajang. Beberapa keresek berisi sampah langsung menyambut pengguna jalan jika berasal dari sebelah selatan.

Salah satu pemilik warung di sekitar lokasi pembuangan sampah sembarangan yang enggan disebut namanya menuturkan asal muasal sampah berasal dari selatan. Sebab sekitar 400an meter sudah masuk Kabupaten Trenggalek. Ia mengaku sudah berulang kali pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Bendungan Kecamatan Gondang membersihkan melalui petugas kebersihan.

Alasan Pendukung Prabowo-Gibran Hatinya Terketuk Bersihkan Sampah di GBK

"Sampah dari selatan, tidak tahu asalnya dari mana. Setelah dibersihkan atas perintah Kepala Desa, tak lama berselang datang orang buang sampah," ungkap ibu-ibu penjual kopi dan makanan ini, Senin 14 Maret 2023.

Dirinya juga sempat mengetahui, datangnya  sampah tidak hanya keresek besar, bahkan satu karung sampah memenuhi bahu jalan. Dari kata-kata yang terucap, ia merasa jengkel atas perilaku oknum warga membuang sampah sembarangan.  

Kemasan Sekali Pakai Jadi Problem Utama Pengurangan Sampah Plastik

"Datangnya sampah itu berkarung-karung mas, terkadang menggunakan mobil," tandasnya sambil melayani membuat kopi.

Terpisah, Kepala Desa Bendungan, Suryanto S Kep Ners membenarkan adanya sampah yang masuk di daerah administratifnya.

Halaman Selanjutnya
img_title