Lagi, Bareskrim Polri Ingatkan soal Aliran Dana Narkoba untuk Pemilu 2024

Barang bukti narkoba yang diamankan oleh Polres Tulungagung
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Munculnya isu aliran dana peredaran narkoba ke partai politik untuk Pemiluhan Umum (Pemilu) 2024 menjadi atensi Kepala Bareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto. Meski dirinya mengaku belum pernah menemukan dugaan narkopolitik, namun ia tak mau menutup mata dari berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Menteri Bahlil: Idul Fitri Momentum Saling Memaafkan Usai Pemilu 2024

Agus, sapaan lekatnya menyebut, tidak menutup kemungkinan aliran dana peredaran gelap narkoba bisa ke partai politik. Sebab, kata dia, tindak pidana terorisme saja kerap mendapat aliran dana dari sumber uang yang tidak jelas asal usulnya.

"Jangankan untuk politik, untuk teroris juga bisa dilakukan," ujar Kabareskrim, dikutip dari VIVA, Sabtu, 3 Juni 2023.

Puluhan Pejabat Pemkab Kediri Dimutasi, Ini Harapan Mas Dhito

Untuk itulah, Agus memerintahkan jajaran Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri untuk melakukan pemetaan jangan sampai ada narkopolitik yakni politisi terlibat narkoba atau dana politik dari jaringan narkoba.

"Kita petakan untuk semua hal, jangan sampai narkotika digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang membahayakan keselamatan. Dari Direktorat Narkoba yang melakukan kajian, memetakan, Jadi potensi-potensi yang mungkin terjadi atau bisa digunakan oleh para pelaku kejahatan narkotika, bisa saja uangnya digunakan apa saja," jelas dia. 

Kemenangan Prabowo di Pilpres 2024 Mampu Pecahkan Rekor Dunia

Sebelumnya, ia telah memerintahkan jajaran Direkrorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri untuk melakukan pemetaan aliran dana peredaran narkoba yang diduga akan mengalir ke Pemilu 2024. Kini ia kembali mewanti-wanti agar selalu mewaspadai tindakan tersebut. 

"Ke depan, kita akan menghadapi pesta demokrasi, pemilu 2024. Saya minta seluruh jajaran Reserse Narkoba Polri sudah mulai memetakan, dan mengantisipasi permasalahan terkait narkoba yang dapat menghambat perhelatan pemilu," kata Agus Jumat, 26 Mei 2023 lalu. 

Halaman Selanjutnya
img_title