Raih Gelar Doktor Ilmu Politik, Disertasi Anwar Sadad Bahas Produk Kebijakan Pemprov Jatim

Anwar Sadad raih gelar Doktor Ilmu Politik di UINSA
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

JatimWakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anwar Sadad resmi mendapat gelar Doktor Ilmu Politik Islam dari UIN Sunan Ampel Surabaya dalam sidang terbuka yang digelar di gedung Auditorium UIN Sunan Ampel, Senin, 12 Juni 2023. 

Dari Ahmad Dhani Hingga Gus Fawait, Gerindra Siap Sapu Kemenangan di 24 Daerah se Jatim

Dalam sidang tersebut Anwar Sadad mempresentasikan disertasi berjudul Genealogi Politik Islam Indonesia (Telaah Produk Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Perspektif Maqasid As-Shariah) dihadapan para penguji. 

Didepan para undangan Anwar Sadad memaparkan berbagai nilai-nilai yang terkandung dalam Islam khusunya yang berkaitan dengan politik pemerintahan sesuai dengan judul disertasinya. 

Gerindra Siap Menangkan 24 Pilkada di Jatim, Ini Nama-nama Calonnya

Ketua DPD Gerindra Jatim ini menuturkan bahwa produk politik pemerintahan di Indonesia ini harus terkandung didalamnya nilai-nilai kemaslahatan. Tidak berhenti hanya dengan sebatas simbol-simbol saja. Menurutnya, jika hal itu diterapkan maka produk politik tersebut sudah sesuai dengan ajaran Islam. 

"Sepanjang produk pemerintah daerah yang di dalamnya terkandung suatu konsep al maslahah, menurut para ulama atau pemikir maka dapat dianggap produk tersebut sudah bernilai dengan syariah Islam," kata Anwar Sadad. 

Elektabilitas Anwar Sadad di Pilgub Jatim Capai 9 Persen Menurut Survei ARCI

Dikutip dari kitab Al Ahkam Al-Sulthaniah karangan Imam Al Mawardi lanjut Sadad, ada istilah Maqashid syariah yang menjadi tujuan-tujuan dari diturunkannya syariat Islam untuk merealisasikan kemaslahatan bagi manusia. Menurutnya, semua kebijakan yang dikeluarkan oleh para pemangku harus melirik serta menyematkan nilai-nilai tersebut. 

"Tidak bisa ditemukan hanya melalui jargon-jargon kampanye," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title