Bupati Trenggalek Sebut Budidaya Ikan Patin Bisa Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Budidaya ikan tawar terus bergeliat di desa-desa Kabupaten Trenggalek. Salah satunya di Desa Sukowetan Kecamatan Karangan, merubah tanah kas desa menjadi lahan Ikan Patin

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengaku budidaya tersebut mampu menekan angka kemiskinan ekstrem. Dirinya mengapresiasi adanya budidaya Ikan Patin di Desa Sukowetan. 

Menurutnya, peningkatan budidaya Ikan Patin mekanisme inti dan plasma sudah melibatkan aset desa digunakan oleh pengusaha, untuk kemudian mereka berbudidaya Ikan Patin cukup menjanjikan.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

"Ini bisa jadi salah satu peningkatan ekonomi, khususnya yang terlibat dari desa memprakerjakan masyarakat yang masih produktif masuk data kemiskinan ekstrim. Harapannya bisa mempercepat (penurunan) angka kemiskinan ekstrim," ungkap Mochamad Nur Arifin, Rabu, 5 Juli 2023.

Mas Ipin, sapaan akrabnya menambahkan budidaya ini bisa dikerjasamakan dengan masyarakat yang ada. Sehingga lahan masyarakat bisa juga dikerjasamakan bagi masyarakat. Lalu bagi para pengusaha kemudian memberikan pelatihan hingga memberikan asistensi secara intensif.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

"Dengan begitu hasil kualitasnya baik dan masih terbuka sekali untuk produk patin ini," akuinya.

Perihal minat masyarakat, Politisi PDI-P ini menambahkan pola pikir warga menanam hingga memelihara apapun jika membuahkan hasil pasti senang menekuni. Terbukti, sampa sekarang bisa berkembang seluas 6 hektare, berarti minat masyarakat baik.

Halaman Selanjutnya
img_title