Puluhan SMP di Blitar Tidak Penuhi Pagu, Disdik Sebut Sekolah Swasta Masih Lebih Baik

Ilustrasi siswa SMP masuk di sekolah
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Blitar, VIVA Jatim-Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kini telah dimulai. Namun, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih menyimpan catatan, yaitu masih banyak pagu sekolah belum terpenuhi.

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Mariadi menjelaskan terkait PPDB tahun ini memang di Kota Bungkarno ini ada beberapa sekolah yang tidak memenuhi target pagu. Ia mengakui orang tua memilih menyekolahkan anaknya karena pelayanan di swasta lembaga keislaman lebih baik.

"Swasta memang pelayanannya juga lebih bagus, sehingga memang banyak yang kesana. Kalaupun kita terobosan-terobosan itu sudah kita lakukan misalnya sekolah sak ngajine," terangnya, Jum'at, 21 Juli 2023.

Dispendik Gresik Larang Siswa SD-SMP Gunakan Sepeda Listrik

Ia juga mengakui, salah satu penyebab kekurangan siswa, memang output dari lulusan dari Sekolah Dasar (SD) tidak terlalu banyak. Sehingga memang terjadi kekurangan di jenjang SMP.

Oleh sebab itu, untuk kedepan dari Dinas Pendidikan mencari solusi di tahun depan akan menginstruksikan kepada Kepala Sekolah. Yaitu membuat peta wilayah analisa rencana PPDB, memetakan wilayah rencana siswa yang akan masuk 

Jatuh dari Balkon Musala, Siswa SMP Tewas Usai Ujian di Lamongan

"Kalau bisa jemput bola dari masing-masing sekolah kita pertahankan sekolah seperti itu," ulasnya.

Mariadi mengungkapkan beberapa lembaga pendidikan dibawah naungan Diknas Blitar, khususnya di daerah pinggiran yang mendominasi. Seperti di wilayah Udanawu, wilayah selatan Blitar di Wonotirto, di Panggungrejo di SMP Satu Atap. 

Halaman Selanjutnya
img_title