Bencana di Hawaii Jadi Pelajaran agar Pemrov Jatim Waspada Kebakaran Hutan

Anggota Komisi B DPRD Jatim, Agus Doni Wibawanto
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Bencana kebakaran yang terjadi di Maui Hawaii, Amerika Serikat (AS) harus menjadi pembelajaran penting bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk terus mengantisipasi dan waspada kebakaran hutan. Hal ini ditegaskan Anggota Komisi B DPRD Jatim, Agus Doni Wibawanto.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Ia meminta bencana tersebut harus menjadi perhatian Pemprov Jatim agar waspada dan lebih serius melakukan tindakan pencegahan kebakaran hutan. Ditambah lagi dengan fenomina el nino yang membuat musim kemarau lebih panas dibanting musim kemarau biasa.

"Saya berharap pemprov juga melihat kondisi luar negeri, kita tahu persis Hawai hancur lebur karena dampak el nino yang menyebabkan satu kota habis. Oleh sebab itu harapan saya jangan diremehkan hal-hal berkaitan masalah hutan," kata Agus saat ditemui di DPRD Jatim, Surabaya, Rabu 16 Agustus 2023.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Ia pun mendorong dinas dibawah Pemprov Jatim seperti Dinas Kehutanan, BPBD dan dinas terkait agar saling kordinasi serta bekerja sama untuk melakukan pemetaan khususnya wilayah rawan kebakaran.

"Kejadian di luar jadi catatan bagi kita harus melakukan upaya preventif, jangan menunggu kejadian nanti pas kejadian kita kebingungan," pungkasnya.

Demokrat Gresik Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Pilkada 2024

Politisi Partai Demokrat ini mengingatkan, selain pemetaan wilayah rawan kebakaran, juga harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak gampang bermain api dan membakar barang di daerah rawan kebakaran seperti dipinggir hutan dan semacamnya. 

Hal tersebut penting sebab, saat ini hal yang terkecil saja, seperti membuang putung rokok sembarangan dapat berakibat fatal.

Halaman Selanjutnya
img_title