Trayek Damri Mengaspal di JLS Tulungagung-Trenggalek-Pacitan 2024

Suasana Jalur Laut Selatan (JLS) yang baru dibuka
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim – Usai rampungnya Jalur Lintas Selatan (JLS), moda transportasi berpelat merah atau Damri bakal beroperasi menambah trayek. Trayek baru Damri bakal melalui Tulungagung-Trenggalek-Pacitan dengan pemandangan bentangan keindahan laut.

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Angkutan dan Sarana, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung, Jarmani. Menurutnya trayek baru tersebut sesua dengan program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Kalau ini JLS Pacitan-Trenggalek-Tulungaung sampai stasiun (Tulungagung). Tulungagung jadi simpul, luar biasa," ungkap Jarmani saat ditemui di Halaman Pendopo Kongasarum Kusumaningbongso, Senin, 2 Oktober 2023.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Menurutnya, dalam rangka KSPN, trayek yang sudah beroperasi lebih dahulu adalah jalur ekstrem Tulungagung-Ponorogo yang melalui Kecamatan Pagerwojo bersambung ke Kecamatan Bendungan Trenggalek yang dinamakan Selingkar Wilis.

"Yang jalur baru juga ini untuk menyambut pariwisata, seiring dengan JLS sudah selesai, jadi dibukalah trayek baru Damri Perintis," ujarnya.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

Perihal pelaksanaan, ia mengaku itu akan direalisasikan pada tahun 2024 mendatang. Ketetapan tersebut telah dibahas bersama di Kediri bersama jajaran dan OPD terkait, salah satunya dari Dinas Perhubungan (Dishub) Tulungagung.

"Kemarin pertemuan di Kediri 2024 sudah harus jalan. (Banyak armada) Yang jelas sudah ditetapkan trayek, kalau kendaraan nanti dilihat perkembangan demand. Kalau permintaannya banyak ya ditambah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title