Cita-cita DSA Petani Pinang Pacitan Target Penuhi Pasar Ekspor Cina

DSA Petani Pinang Pacitan Target Penuhi Pasar Ekspor Cina
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Pacitan, VIVA Jatim-Kontur lahan kapur hingga beberapa lahan tandus tersebar di sebagian Kabupaten Pacitan Jawa Timur yang notabene banyak pegunungan.

Wisata Boon Pring dan Olahan Bambu di Malang Jadi Sarana Angkat Potensi Desa

Desa Sejahtera Astra (DSA) Mitra Petani Pinang Kabupaten Pacitan memiliki mimpi besar mempunyai komoditas ekspor, yaitu Tanaman Pinang.

Tumbuhan monokotil tergolong palem-paleman ini sudah setahun lebih ditanam oleh ratusan petani yang tersebar di beberapa kecamatan di Pacitan.

Sukses Kunyit, DSA Ponorogo Bergeliat Ekspor Temulawak 50 Ton

Pendamping DSA Mitra Petani Pinang Pacitan, Slamet Riyanto mengungkapkan bahwa ia mewujudkan desa ekspor seperti simplisia di DSA Ponorogo.

Sedangkan, untuk DSA Pacitan mengambil tema adalah desa wisata dan juga meningkatkan pertanian, pohon pinang untuk wilayah Pacitan pengembangan perkebunan.

Keripik Radja PP Mambaul Ulum Malang Angkat Perekonomian Lima Desa

Slamet menuturkan, hingga saat ini yang sudah tertanam di bumi ujung barat daya Jawa Timur ini sebanyak 50 ribu Pohon Pinang.

Ada sekitar 5 Kecamatan yang sudah tersebar atau ekuivalen 50 ribu pohon. Jika menggunakan ukuran umum satu pohon berjarak 3x3 meter ideal, maka 50 ribu kalau diambil luas sekitar 50 hektar yang sudah tertanami.

Halaman Selanjutnya
img_title