HUT Pemprov Jatim ke-78, Kadin Jatim Apresiasi Konsistensi Khofifah Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

SURABAYA, VIVA Jatim-Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan bahwa HUT Pemprov Jatim ke-78 menjadi momentum untuk melihat keberhasilan dan mengevaluasi kekurangan yang masih dijumpai demi kemajuan di masa mendatang.

Pj Gubernur Jatim Tanggapi Polemik Warung Madura di Bali : Ekonomi Sekarang 24 Jam

"Kadin Jatim mengapresiasi upaya Gubernur Khofifah yang secara konsisten berupaya meningkatkan kinerja ekonomi kerakyatan sehingga kemakmuran di Jatim menjadi semakin nyata dan merata, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pedesaan melalui berbagai program yang telah dilakukan," ungkap Adik Dwi Putranto, Surabaya, Rabu 11 Oktober 2023.

Adik menyebutkan beberapa keberhasilan yang telah dicapai selama kepemimpinan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

"Kita paham bahwa selama ini Bu Khofifah konsisten dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan. Upayanya dalam mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah red.) misalnya, sudah tidak diragukan lagi hingga kinerjanya terus mengalami kenaikan," ujarnya.

Pemprov Jatim telah berkolaborasi dengan Kadin Jatim dalam beberapa program untuk meningkatkan kinerja UMKM, salah satunya dengan mendirikan Rumah Kurasi dan sertifikasi kurator produk UMKM. Di Rumah Kurasi, produk UMKM akan dikurasi atau diteliti oleh kurator. 

Adventure Land Romokalisari Surabaya Diminati Pelancong, Omzet Pedagang Capai Jutaan Rupiah

"Yang masih level pasar tradisional dan di pasar modern, akan kita dampingi, akan kita arahkan agar naik kelas. Dalam hal pendampingan UMKM, Kadin juga telah bekerjasama dengan PUM Netherland Senior Expert, melakukan analisa produk dan perijinan dan cara pengembangannya," ungkapnya.

Pemprov Jatim juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp 18,5 miliar untuk memberikan subsidi bunga sebesar 9,25% melalui Bank UMKM Jatim sehingga suku bunga yang dibebankan kepada UMKM hanya sekitar 3% per tahun flat dari suku bunga komersial sekitar 12,25%. Suku bunga tersebut lebih murah dibanding suku bunga KUR sebesar 6%.

Halaman Selanjutnya
img_title