Cegah Kematian Ibu, Ratusan Warga dan Tenaga Medis Ikuti Donor Darah

Ratusan warga ikuti donor darah
Sumber :
  • Imron/Viva Jatim

Tuban, VIVA Jatim – Guna mencegah angka kematian ibu di Kabupaten Tuban, ratusan warga Kecamatan Merakurak mengikuti aksi donor darah di Puskesmas Temandang, Kamis 7 Desember 2023.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Tak hanya diikuti oleh warga di 9 desa, aksi donor darah itu juga melibatkan sejumlah tenaga medis di wilayah Tuban. Sementara untuk kasus kematian ibu sepanjang tahun 2023 di Merakurak tercatat hanya satu orang yang meninggal yang disebabkan oleh penyakit lain dan bukan pendarahan.

Kepala Puskesmas Temandang dr Fatatul Anafah mengatakan, hasil donor darah dari para warga itu nantinya akan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI). Target perolehan darah dalam aksi donor darah kali ini sebanyak 200 kantong.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

"Kalau di wilayah Merakurak hanya ditemukan satu ibu meninggal, tapi bukan karena pendarahan melainkan penyakit lain," kata Anafah.

Anafah menjelaskan, ada 9 desa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah kali ini, setiap desa mereka mengeluarkan 25 peserta donor.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

"Setiap desa kita target 25 orang, tapi yang datang malah melebihi itu, tentunya harapan kami kegiatan ini akan kita lakukan terus menerus tidak hanya kali ini saja. Dan baru kita buka pesertanya sudah lebih 100 orang yang daftar kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah," pungkasnya.