Kabar Gembira! Jatim Dapat Tambahan Kouta Haji Hampir 4000 di 2024

Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram menuturkan kuota haji tahun 2024 di Jatim mengalami tambahan hampir 4000 kouta.

Pemerintah Putuskan Idul Fitri 1445 H Rabu Besok, Ini Penjelasannya

Penambahan tersebut, adalah hasil pembagian dari 20 ribu kouta haji se luruh Indonesia. "Kita kuotanya 36.152, itu masih kuota murni, atau asli. Ditambah lagi dengan [kuota] yang 3.800 sekian lagi," kata Husnul saat membuka acara media gathering di PrimeBizz Hotel Surabaya, Senin 18 Desember 2023.

Dengan adanya tambahan kouta jemaah haji tersebut, tentunya kloter juga akan dilakukan penambahan, dari yang sebelumnya 84 kloter. Namun itu semua masih dilakukan kordinasi dengan Kemenag. "Kalau kita memakai maskapai Garuda perkloternya 360 orang, sementara dari tahun ke tahun kita perkloternya itu 450," ujarnya.

Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu Besok 10 April 2024

Husnul mengatakan, saat ini Kemenag sudah melakukan persiapan menghadapi musim haji 2024 mendatang. Semua data dilakukan verivikasi, termasuk para calon jamaah hajinya.

"Ini kita memverivikasi orang ini hidup, orang ini sehat wal alfiat. Yang jelas seluruj yang masuk dalam daftar list itu sudah kita hubungi," katanya.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Setelah verivikasi selesai, semua jemaah haji yang akan berangkat di tahun 2024 terlebih dahulu harus melakukan pemeriksaan ke puskesmas. "Nanti standartnya puskesmas sudah ada SOP nya sendiri dari Menteri Kesehatan," lanjutnya.

Jika semua pesyarakatan lengkap termasuk kesehatan, lanjutnya, maka calon jemaah berhak untuk melakukan pelunasan pembayaran. Sedangkan untuk tambahan biaya di setiap calon jamaah sendiri, ia katakan hampir sama dengan tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title