Intip Sejarah Thailand Tidak Pernah Dijajah Eropa, Tapi Nyatakan Perang dengan AS dan Inggris?

bendera negara Thailand
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Dalam catatan sejarah, Negara Thailand merupakan salah satu negara yang tidak pernah dijajah oleh Bangsa eropa.

Kisah Perempuan Surabaya Dinikahi Lesbian, 21 Tahun Cari Keadilan

Di kawasan asia tenggara, negara Thailand ini biasa dijuluki dengan singa asia tenggara. Pasalnya, hanya negara Thailand satu-satunya negara yang tidak disentuh penjajah eropa. 

Berikut akan disajikan fakta sejarah tentang negara Thailand yang pernah menyatakan perang dengan AS dan Inggris

Nanti Malam, Saksikan Final Piala AFF U-23 Indonesia Vs Vietnam

Jika pembaca mengingat kembali bagaimana sejarah 81 tahun lalu, tepatnya pada 25 Januari 1942, Thailand pernah menjadi "negara boneka" Jepang yang menyatakan perang terhadap Sekutu. 

Dilansir dari History, ketika perang pecah di Eropa pada September 1939, Thailand menyatakan kenetralannya yang membuat Prancis dan Inggris tertekan.

Momen Kiper Timnas Indonesia U-23 Ketawa dengan Khutbah Bahasa Thailand

Kedua negara Eropa itu memiliki koloni di sekitar Thailand. Untuk itu, mereka berharap Thailand akan mendukung upaya Sekutu dan mencegah Jepang merambah wilayah Pasifik. Namun, Thailand mulai bergerak ke arah yang berlawanan. 

Thailand menjalin persahabatan dengan Jepang dan menuliskannya di buku pelajaran sekolah sebagai sebuah peta futuristik Thailand bernama "Greater Thailand" yang melanggar batas wilayah China. Konflik nyata pertama Thailand dengan Sekutu terjadi setelah jatuhnya Prancis ke tangan Jerman dan menciptakan negara boneka bernama Vichy.

Halaman Selanjutnya
img_title