Merasakan Asyiknya Backpackeran ke Lombok dengan Rucitra dan Kirana (1)

Suasana Pelabuhan Gili Mas dilihat dari KM Dharma Rucitra VIII.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Jalan-jalan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan pesawat sudah biasa. Rasanya begitu-begitu saja. Bila ingin sensasi yang berbeda, cobalah sekali-kali backpackeran dengan menumpangi kapal laut. Sekali coba dijamin ketagihan.

Beli Motor Vario dari Surabaya Rp7,5 Juta, Pria di Bangkalan Ditangkap Polisi

Bersama belasan teman satu rombongan, VIVA Jatim sudah merasakannya pekan lalu. Kebanyakan dari kami ini adalah pengalaman pertama. Hanya satu dua yang pernah bepergian dengan kapal laut. Tapi itu dulu, ketika pengelolaan transportasi laut masih semrawut.

Berangkat ke Lombok dari Surabaya, kapal yang kami pilih ialah KM Dharma Rucitra VIII. Berdasarkan referensi yang kami baca, Rucitra VIII adalah kapal generasi terbaru yang dimiliki oleh PT Dharma Lautan Utama (DLU). 

16 Tahun Adiluhung di Pelayaran Nasional, Bertekad Tingkatkan Kualitas Layanan

KM Dharma Rucitra VIII bersandar di Pelabuhan Gili Mas, Lombok, NTB.

Photo :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Kapal ini disebut-sebut sebagai kapal mewah dengan fasilitas dan pelayanan bak hotel berbintang. Karena panduan informasi itu pula kami tertarik untuk merasakan bagaimana sensasi melaut dengan Rucitra VIII, dengan harapan membawa kesan menyenangkan.

Kongres Ansor di Kapal Laut bukan yang Pertama, PKNU Dulu Pernah Lakukan

Kapal ini menawarkan 12 kelas kepada penumpang. Kelas tertinggi ialah VIP Suite dengan fasilitas kamar tidur seperti kamar hotel. Ada juga kelas Executive Seat View, Cabin Single Bed, Cabin Double Bed, dan Duduk Kelas III. Di bawah itu ada kelas Ekonomi Tidur (I, II, dan III), Ekonomi Duduk, dan Ruang Pengemudi. Semua kelas mendapatkan jatah makan dua kali dalam sehari.

Kami pilih yang tengah-tengah: kelas Cabin Double Bed dengan harga tiket Rp330 ribu per orang. Karena berombongan, kami memesan kabin satu deret. Tidak terpisah-pisah.

Halaman Selanjutnya
img_title