Teknologi AI Mulai Merambah ke Dunia Kesehatan, Begini Cara Kerjanya

Ilustrasi Kecerdasan Buatan
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Munculnya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) membuat sejumlah pekerjaan manusia terbantu. Teknologi AI kini mulai merambah ke berbagai sektor kehidupan, mulai dari dari keuangan, pelayanan publik hingga kesehatan

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Dilansir dari VIVA, Selasa, 28 November 2023, salah satu bidang yang menggunakan kecerdasan buatan atau AI itu adalah sektor kesehatan. Dimana, AI bisa digunakan untuk mempermudah dan mempercepat layanan medis dalam hal diagnosa.

Dekan Fakultas Kedokteran UPH, Prof. Dr. Dr. dr. Eka J. Wahjoepramono, Sp.BS (K), Ph.D., mengatakan, ia menyoroti beberapa aspek di mana AI yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan manusia dalam dunia kedokteran.

Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

"Salah satu cara kita sebagai dokter untuk dapat memanfaatkan sisi positif AI adalah dengan menggunakan AI untuk membantu mempermudah pekerjaan harian kita. AI dapat membantu dokter dalam membuat diagnosa yang lebih akurat, memprediksi hasil pengobatan pasien, dan mengidentifikasi rencana perawatan pasien," katanya di Tangerang, Sabtu, 25 November 2023.

Dimana, pentingnya perhatian terhadap perkembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam mendukung pekerjaan dokter di era revolusi industri 4.0.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

"Teknologi AI memiliki potensi besar untuk mengubah cara hidup dan bekerja manusia. Meskipun AI dapat membantu dokter dalam melakukan diagnosis dan pencegahan, kita tidak boleh melupakan peran penting manusia, terutama dalam hal empati dan perhatian terhadap pasien," ujarnya.

Dengan demikian, AI dapat meningkatkan kualitas perawatan dan outcome pasien. Namun, tidak mungkin hal ini dapat dicapai tanpa adanya ‘the man behind the gun’ (manusia yang berperan dibaliknya).

Halaman Selanjutnya
img_title