Menengok Kekayaan Alam Geopark Ijen di Jatim yang Diakui UNESCO

Destinasi Wisata kawah Ijen Banyuwangi
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Indonesia sebagai salah satu negara besar dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah. Bukan hanya menyuguhkan keindahan, lebih dari itu, keberadaannya mampu memberikan manfaat melimpah bagi kehidupan manusia.

Terungkap! Wanita Asal Tuban yang Ngaku Dirampok Ternyata Palsu, Modus Investasi Bodong

Salah satunya adalah Geopark Ijen. Destinasi wisata alam yang satu ini adalah sebuah area taman bumi yang terletak di dua wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Banyuwangi dan sebagian wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Dikutip dari VIVA, Selasa, 2 April 2024, sesuai dengan definisi UNESCO, Geopark Ijen memenuhi kriteria sebagai area yang memiliki fitur geologi yang luar biasa, sementara masyarakat lokal juga berperan aktif dalam menjaga warisan alam tersebut.

Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Lamongan Tanam Pisang di Jalan Rusak

Keputusan untuk menetapkan kawasan ini sebagai Geopark Nasional diumumkan melalui Keputusan Komite Nasional Geopark Indonesia pada 30 November 2018.

Geopark ini dinamai berdasarkan Gunung Ijen, yang juga memiliki signifikansi geologi di seluruh wilayahnya. Saat ini, Geopark Ijen sedang dalam proses pengajuan untuk diakui oleh UNESCO sebagai salah satu UNESCO Global Geoparks (UGG) terbaik di dunia.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Tim penilai dari UGG sedang melakukan evaluasi terhadap kekayaan geologi, keanekaragaman hayati, dan warisan budaya di Geopark Ijen Banyuwangi selama periode lima hari, mulai dari tanggal 9 hingga 13 Juni 2022 lalu.

Kawasan ini juga memiliki beragam geosite, biosite, dan culturesite yang menjadi kekayaan Geopark Ijen.

Halaman Selanjutnya
img_title