Kenalin Nih, Rocky Balboa Si Anak Gajah Sumatera di Kebun Binatang Surabaya

Rocky Balboa Si Anak Gajah Sumatera di Kebun Binatang Surabaya
Sumber :
  • Pemkot Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim – Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) akhirnya mengenalkan secara resmi anak gajah Sumatera, Rocky Balboa kepada publik, Sabtu, 31 Agustus 2024. Anakan gajah Sumatera itu dikenalkan ke publik bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-108 KBS. 

Kenalkan, Bayi Gajah Bernama Rocky Balboa di KBS Surabaya

Direktur Utama (Dirut) PDTS KBS, Chairul Anwar mengatakan, anak gajah Sumatera ini merupakan hasil breeding (pembiakan) indukan gajah jantan dewasa bernama Doa dan gajah betina, Lembang. “Jadi kerudung (penutup kandang) yang ada di kandang gajah nanti akan dibuka, sehingga pengunjung sudah bisa menikmati, melihat anak gajah secara langsung,” kata Chairul. 

Chairul menjelaskan, keberhasilan pembiakan gajah Sumatera ini, menjadi kebanggaan tersendiri bagi jajarannya, dan menjadi kado spesial di HUT ke-108 KBS. Tidak hanya itu, kelahiran Rocky sekaligus juga menambah koleksi gajah di KBS. 

Ini Langkah Pemkot Surabaya Hadapi Lonjakan Wisatawan Libur Nataru 2024

“Sekarang ada enam ekor ya, jadi ada tiga betina dan tiga jantan. Yang pertama itu bapaknya Rocky, yaitu Doa namanya. Kemudian ada kakaknya, namanya Gonzales, dan ini sekarang Rocky,” jelas Chairul.

Chairul menerangkan, sebagai bagian dari lembaga konservasi, PDTS KBS berkomitmen akan terus melakukan pembiakan gajah untuk menambah koleksi kelestarian hewan langka di Indonesia. Rencananya, PDTS KBS akan menambah koleksi gajah betina baru untuk dilakukan proses pembiakan ke depannya.

Dishub Surabaya Sebut Pembangunan Terowongan Terminal Joyoboyo Masih Tentatif

“Ada tambahan betina gajah, karena usia Lembang, ibunya si Rocky itu sudah 40-50 tahunan. Jadi, kita mau cari yang fresh blood untuk gajah betina, sebenarnya (Lembang) masih bisa, akan tetapi kalau terlalu tua kasihan dan hasilnya nggak bagus,” terangnya. 

Ia menambahkan, kondisi Rocky saat ini sudah sangat baik sehingga bisa segera disaksikan oleh para pengunjung KBS. Bahkan, perilaku Rocky sudah jauh lebih aktif sejak dilahirkan oleh induknya pada 25 Mei 2024 lalu. 

Halaman Selanjutnya
img_title