Melihat Kehebatan Negara di Asia yang Bisa Tanam dan Panen Sayur di Luar Angkasa

Ilustrasi astronout hubungan intim di Angkasa
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Dalam misi eksplorasi luar angkasa di masa depan, Astronaut China Shenzhou 16 berhasil menanam dan memanen sayuran di Stasiun Luar Angkasa Tiangong. 

Kece Trevel Pass Diburu Wisatawan, All You Can Trip Hampir Ludes

Dilansir dari VIVA, Jumat, 17 November 2023, Misi yang dipimpin Jing Haipeng tersebut beranggotakan Zhu Yangzhu dan Gui Haichao telah berada di Tiangong sejak akhir Mei dan telah kembali ke Bumi pada 31 Oktober lalu. Mereka kembali setelah menyerahkan kendali stasiun kepada kru misi Shenzhou 17 berikutnya.

Dalam misi ini, Tim Jing telah menghabiskan waktu menanam sayuran tersebut menggunakan dua set peralatan khusus. Alat pertama mulai beroperasi pada Juni dan telah memanen empat batch selada.

Jangan Asal Pilih, Ini Tempat yang Dilarang untuk Berhubungan Seks

Kemudian, yang kedua dioperasikan pada Agustus untuk menanam tomat ceri dan daun bawang. Pusat Penelitian dan Pelatihan Astronot China telah menyiapkan replika tanaman itu untuk di Bumi.

Nantinya, replika akan digunakan para peneliti untuk melakukan perbandingan hasil dan menganalisis lebih akurat mengenai perbedaan cara tanaman tumbuh di luar angkasa dan di Bumi.

Gubernur Khofifah Ajak Petani Wujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia

Para peneliti berpendapat bahwa rencana ini menjadi rencana jangka panjang untuk membantu eksplorasi luar angkasa di masa depan.

Penelitian dan Pelatihan Astronot Tiongkok, Yang Renze, mengatakan peralatan budidaya sayuran ini merupakan bagian penting dari keseluruhan Sistem Pengendalian Lingkungan dan Pendukung Kehidupan (ECLSS) dan digunakan di luar angkasa untuk memverifikasi teknologi relevan.

Halaman Selanjutnya
img_title