Full Senyum, Seluruh Lowongan PPPK 2024 Dibuka untuk Tenaga Honorer

Ilustrasi CASN
Sumber :
  • BKN.go.id

Surabaya, VIVA Jatim –Pemerintah akan kembali melakukan rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun 2024. 

2 Syarat Mutlak Tenaga Honorer untuk Jadi PPPK 2024 Sesuai Amanat UU ASN

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), semua lowongan PPPK 2024 akan dibuka untuk tenaga honorer atau pegawai non-ASN.

Prinsipnya, tidak terjadi pengurangan penghasilan, tidak terjadi PHK massal dan tidak terjadi penambahan beban anggaran. 

Meski Tak Lulus Seleksi CASN 2024, Semua Honorer Otomatis Terangkat PPPK

“Tahun ini pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate melalui seleksi CPNS. Sedangkan seleksi PPPK menjadi fokus utama pemerintah untuk melakukan penataan pegawai non-ASN, sehingga 100 persen formasi PPPK akan dibuka untuk pegawai non-ASN di instansi pemerintah,” ujar Menpan-RB Abdullah Azwar Anas pada 18 Januari lalu.

Hal ini sebagai salah satu bentuk penataan tenaga honorer, di mana ditargetkan selesai maksimal Desember 2024. 

Catat! Pemkab Trenggalek Akan Buka Dua Ribu Lebih Formasi CASN

Penataan tenaga honorer atau tenaga non-ASN yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN), diselesaikan dengan mengikuti seleksi CASN 2024, untuk menggambarkan kualitas dan kemampuan kompetensi masing-masing yang penilaiannya dilakukan melalui pemeringkatan terbaik secara berurutan. 

Bagi peserta yang lolos, akan ditetapkan menjadi PPPK penuh waktu sesuai dengan kemampuan keuangan pada instansi pemerintah masing-masing.

Halaman Selanjutnya
img_title