Arus Balik Keberangkatan H+2, Alami Penurunan 10 Persen di Terminal Tulungagung

Suasana Terminal Gayatri Tulungagung penuh ramai penumpang.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

VIVA JatimArus balik bagi pemudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Terminal Gayatri Tulungagung terpantau fluktuatif. Data menunjukan adanya penurunan pada H+2 sebesar 10 persen dibanding tahun 2023 lalu.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Gayatri Tulungagung, Yono mengungkapkan bahwa terjadi penurunan bagi penumpang arus balik. Hal ini kemungkinan masih akan dinamis sampai dua hari ke depan karena memasuki masa akhir liburan.

"Untuk tahun ini mengalami penurunan sekitar 10 persen untuk yang arus baliknya. Sementara prediksi puncak arus balik terjadi pada hari Sabtu dan Minggu," ungkap Yono di lokasi tunggu penumpang, Jum'at, 12 April 2024.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Yono menambahkan bahwa jumlah tahun sebelumnya pada 2023 sebanyak 4.375 penumpang. Jumlah tersebut berbanding terbalik pada hari yang sama setelah hari raya.

"Data kami untuk keberangkatan 3903 orang per tanggal 11 April 2024 kemarin. Kita pantau di lapangan tidak sampai terjadi penumpukan," bebernya. 

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

Kendati terjadi penurunan, namun secara umum keseluruhan arus balik ini ia menyampaikan pantauan di lapangan di Terminal Gayatri mengalami peningkatan. Seperti pada h+1 jumlah penumpang keberangkatan sebanyak 2.123 di 2024, sedangkan di tahun 2023 ada 1.898 penumpang.

"Meski ada peningkatan tetapi belum siginfikan," ujarnya singkat.

Halaman Selanjutnya
img_title