Cuaca Buruk, Helikopter Polri Hilang Kontak di Bangka Belitung

Ilustrasi helikopter.
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimHelikopter jenis NBO milik Kepolisian RI hilang kontak saat mengudara di atas Perairan Bangka Belitung pada Minggu, 27 November 2022. Helikopter bernomor registrasi 105/P-1103 itu hilang kontak setelah melewati cuaca buruk dan turun ke ketinggian 3.500 kaki. 

Jadwal Lengkap One Way, Contraflow dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan menjelaskan, ada dua helikopter yang terbang dari Pangkalan Bun menuju Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung. Yakni P-1113 dan P1103.

Mulanya, dua helikopter itu lepas landas dari Palangkaraya ke Pangkalan Bun sekira pukul 08.15 WIB. Lalu, pukul 11.00 WIB dari Pangkalan Bun ke Tanjung Pandan, Belitung, dalam kondisi layak terbang," kata Ramadhan kepada wartawan dikutip dari VIVA.

Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Arteri Pantura Sudah Disiapkan, Begini Kata Korps Lalu Lintas Polri

Saat berada di posisi 39nm sebelum Tanjung Pandan di Bangka Belitung, dua helikopter tersebut menghadapi cuaca buruk. Untuk menghindari kondisi tak bagus itu, kapten pilot P-1113 memutuskan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki. Sementara kapten pilot helikopter P1103 menurunkan posisi capung terbangnya ke ketinggian 3.500 kaki.

Sekira pukul 14.00 WIB, lanjut Ramadhan, kapten pilot helikopter P-1113 berupaya berkomunikasi dengan P-1103 melalui frekuensi radio, namun tak ada respons. Setelah mendarat di Bandara Tanjung Pandan pada pukul 14.24 WIB, kapten pilot P-1113 langsung mengecek posisi P-1103 di tower.

Pemilu Usai, Imam Besar Masjid Istiqlal Berpesan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Namun, posisi helikopter tersebut tak terdeteksi. "Setelahnya melaporkan kejadian kepada Kaurmin Subdit Patroli Udara dan segera melaporkan kepada Kasi Dalwil Subdit Patroli Udara kemudian kepada Kasubdit Patroli Udara," kata Ramadhan.

"Juga memerintahkan crew helikopter BKO Polda Bangka Belitung untuk bergeser ke Belitung melakukan pencarian dan berkoordinasi dengan Ditpolairud Polda Belitung hingga Basarnas. Kami juga menyiapkan Alut CN295 & Tim SAR agar segera melakukan pencarian Helikopter NBO105/P-1103," imbuhnya.