Anik Maslachah Ingatkan Kebiasaan Orang Tua Tak Awasi Penggunaan Digital Anak

Anik Maslachah
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap tanggal 23 Juli menjadi momentum untuk merenungi masa depan bangsa kedepan. Karena kemajuan bangsa mendatang tergantung dari anak saat ini. 

Swandy Firdaus Siap Beri Perhatian Nasib Buruh, Pendidikan hingga Atlet

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah mengingat ada maqolah yang berbunyi subbanul yaum rijalul ghad (pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan). Oleh karenanya proses anak menuju dewasa sangatlah menentukan. Apalagi di kondisi yang serba digital seperti saat ini. 

Menurutnya, pengawasan orang tua kepada seorang anak sangat berpengaruh bagi tumbuh kembangnya. Maka tidak heran jika HAN mengusung tema 'Anak Cerdas, Berinternet Sehat' sebagai salah satu kampanye agar pengawasan orang tua terhadap pemakaian internet seorang anak ditumbuhkan. 

Kemiskinan hingga Pendidikan Jadi Atensi Multazam selama Jabat Anggota DPRD Jatim

"Di kondisi eksisting hampir semua anak memegang HP, entah hanya sekedar mainan game, YouTube, Tik Tok dan platform digital lainnya tanpa batas waktu makin marak," kata Anik, Selasa, 23 Juli 2024. 

Sekretaris DPW PKB Jatim ini menuturkan, kesadaran orang tua dalam memberikan waktu anak menggunakan internet masih rendah. Bahkan dianggap suatu hal yang biasa, padahal memiliki pengaruh yang buruk jika dibiarkan begitu saja. 

Kelas Inklusi Kekurangan Guru, DPRD Jatim Minta Pemerintah Adil Layani Anak Kebutuhan Khusus

"Ironisnya ortu lebih cenderung enjoy dan biasa melihat anaknya yang demikian, menjadikan miris akan perkembangan mental, perilaku maupun kemampuan kognisinya," ujarnya. 

Oleh sebab itu, nasib anak berada di tangan asuhan orang tua, maka yang perlu ditekankan literasi orang tua untuk buah hati ini, khususnya soal literasi digital penting diperkuat. 

Halaman Selanjutnya
img_title