Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Kebakaran, Sejumlah Santri Dirawat di RS

Mobil pemadam kebakaran di Pesantren Lirboyo Kediri.
Sumber :
  • Dokumen Gus Muid Lirboyo.

Kediri, VIVA Jatim – Peristiwa kebakaran terjadi di lingkungan Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, pada Senin, 5 Agustus 2024. Diduga, kebakaran terjadi akibat arus pendek atau korsleting listrik.

4 Ruko di Lamongan Ludes Terbakar, Diduga Gegara Korsleting Listrik

Kebakaran terjadi di area kediaman Almarhum KH Marzuqi Dahlan. Berdasarkan video yang tersebar di media sosial, puluhan santri behamburan keluar. Video lain memperlihatkan Mobil Pemadam Kebakaran (damkar) langsung bergegas menuju lokasi titik api.

Salah satu anggota keluarga besar Pondok Pesantren Lirboyo, KH Abdul Mu'id Shohib atau Gus Mu'id menjelaskan, kebakaran tersebut berada di salah satu rumah kasepuhan kiai pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo.

Diduga Akibat Bakar Sampah, Pabrik Plastik di Gresik Terbakar

"Mohon doa, ndalem kasepuhan Almarhum KH Marzuqi Dahlan yang saat ini ditempati Gus Ahlis siang ini terbakar. Alhamdulillah (api) sudah dapat dikendalikan," terang Gus Mu'id kepada VIVA Jatim saat dikonfirmasi melalui perpesanan daring.

Dia mengatakan, diduga kebakaran tersebut terjadi karena korsleting listrik. Total ada tiga mobil damkar yang ikut memadamkan api. Beruntung api tidak merembet ke bangunan lain di area pondok.

Ruko Laundry di Mojokerto Hangus Terbakar, Diduga Gegara Pemilik Lupa Matikan Kompor

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Karena tidak merembet kemana-mana," paparnya.

Gus Mu’id mengungkapkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya ada beberapa santri yang harus mendapatkan perawatan ringan ke rumah sakit gegara sesak napas.

Halaman Selanjutnya
img_title