Gali Talenta Pembalap Muda, MiniGP Indonesia Digelar di Sirkuit GBT Surabaya

Penyelenggara FIM MiniGP Indonesia 2024.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kejuaraan bergengsi pengembangan potensi bibit pembalap MotoGP bakal digelar di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 8 September 2024. Ajang ini bertajuk Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Mini GP Indonesia.

DPRD Jatim akan Segera Sahkan APBD 2025 pada 10 November Mendatang

Promotor dari balap motor Lightning Production Maharani mengatakan, Indonesia terpilih menjadi salah satu dari 21 negara yang menjalankan penyelenggaraan kegiatan FIM MiniGP. Selain Indonesia, FIM MiniGP juga dilaksanakan Malaysia, Jepang, Qatar, Cina, Australia, Filipina, India, Alpe Adria, Perancis, Irlandia, Italia, Belanda, Brazil, Jerman, Spanyol, Portugal, dan Amerika.

“Jadi 21 negara ini menjalankan evennya miniGP, sama seperti kita di Indonesia. Nah, dari tiap negara itulah nanti diambil [untuk ditampilkan di ajang balap motor dunia]. Total lima peserta dari tiap negara. Nah, dari lima peserta ini, dikumpulin dari 21 negara dan itulah nanti yang dipertandingkan pada kejuaraan dunia,” ujar Maharani.

Blegur Prijanggono Sabet Jatah Golkar di Kursi Wakil Ketua DPRD Jatim

Kejuaraan dunia tersebut, lanjut Maharani, adalah pintu untuk memasuki industri MotorGP di Dorna Sport. Nah, FIM MiniGP Indonesia yang digelar kali ini menurut Maharani adalah usaha untuk mencari bibit-bibit pembalap motor dari Indonesia agar terus berkembang dan menjadi atlet pembalap kelas dunia. “Dari ini bibit-bibitnya,” ucapnya.

Ketua Panitia FIM MiniGP Indonesia Harlan Fadhillah mengatakan, kejuaraan tersebut baru kali ini diselenggarakan di Kota Surabaya, tepatnya di Sirkuit GBT. Harapannya, ada bibit-bibit pembalap dari Kota Pahlawan dan daerah lain di Jatim yang memiliki potensi yang besar sehingga bisa dipertandingkan di kejuaraan dunia.

Pelanggan KAI Daop 8 Surabaya Meningkat 26 Persen di Hari Libur Panjang

Sama dengan tahun sebelumnya, FIM MiniGP juga diikuti pembalap cilik dari berbagai provinsi di Indonesia. Di antaranya dari Aceh, Medan, Padang, Palembang, Banten, Bogor, Bandung, Karawang, Tegal, Yogyakarta, dan lainnya. Bahkan, juga ada dari negara luar, yakni dari Malaysia dan China.

Bedanya, kata Harlan, pada tahun ini negara yang menyelenggarakan FIM MiniGP juga diperbolehkan keikutsertaan pembalap dari luar negara yang menyelenggarakan. Di duni kejuaraan MiniGP, itu disebut dengan National Meetings with Foreign Participants.

Halaman Selanjutnya
img_title