Japnas Jatim: Reaktivasi Jalur Kereta Buat Madura Lepas dari Jerat Kemiskinan

Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jatim Mohammad Supriyadi
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Usaha Bupati Sumenep, Jawa Timur, Achmad Fauzi yang meminta jalur kereta api di Madura dihidupkan lagi mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk kalangan pengusaha. Usulan tersebut dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di pulau garam

Anies Baswedan Ternyata Bisa Bahasa Madura: Pele Nomer Settong

Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Timur, Mohammad Supriyadi, menilai reaktivasi jalur kereta bisa membuat masyarakat di pulau garam lepas dari jerat kemiskinan

“Reaktivasi jalur kereta Madura akan menjadi turning point bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Madura. Kemiskinan yang telah menjerat pulau garam selama bertahun-tahun akan mampu dilepaskan jika pemerintah pusat menghidupkan kembali jalur kereta di Madura,” kata Supriyadi.

Survei Cagub Jatim versi ARCI, Achmad Fauzi Ungguli Eri Cahyadi dan Gus Ipul

Dalam catatan Japnas Jawa Timur, potensi hasil pertanian dan peternakan di Madura sangat besar, terutama jagung, garam dan daging sapi. Karenanya, menurut Supriyadi, pemerintah pusat harus bisa memanfaatkan potensi tersebut untuk dikembangkan. 

Ini sekaligus menjadi Madura sebagai penopang target swasembada pangan yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo. 

Ada Madura Culture Festival, Kapal Pesiar Luar Negeri Mampir ke Sumenep

“Selama ini, semua komoditas tersebut didapatkan oleh pemerintah dengan melakukan impor yang begitu besar,” ungkap Supriyadi. 

Di sisi lain, Supriyadi melanjutkan, reaktivasi jalur kereta di Madura juga bisa meningkatkan kesejahteraan petani tembakau. 

Halaman Selanjutnya
img_title