Ketua Fraksi Gerindra Jatim BUMD Jatim bidang permodalan Harus Mampu Selesaikan Kemiskinan

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Ahmad Fawait
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

JatimKetua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait berharap BUMD milik pemerintah provinsi ikut berperan dalam menyelesaikan masalah kemiskinan. Pasalnya ia menilai, BUMD perbankan, seperti Bank Jatim dan BPR bisa membantu pengentasan kemiskinan. 

Pj Gubernur Jatim Tanggapi Polemik Warung Madura di Bali : Ekonomi Sekarang 24 Jam

"Ketika tadi sosialisasi di Lumajang memang rata-rata petani, UMKM dan pelaku sektor informal (PKL) ini mereka mempunyai keterbatasan dan kendala yaitu akses modal," kata Gus Fawaid saat sosialisasi peraturan daerah tentang penyertaan modal di Lumajang, Minggu 15 April 2023. 

Secara teori, lanjut Gus Fawaid BUMD sektor keuangan, seperti Bank Jatim, BPR Jatim, dan Jamkrida turut juga membantu masalah permodalan UMKM serta petani. Oleh karenanya, kehadiran BUMD permodalan tersebut harus menjadi eksekutor dari cita-cita Gubernur Jatim dalam mensejahterakan warganya. 

Gerindra Jember Resmi Rekomendasikan Gus Fawait untuk Maju di Pilkada 2024

"BUMD Jatim, BPR Jatim, Jamkrida termasuk Bank Jatim ini harus satu frekuensi dengan visi misi gubernur, dengan keinginan gubernur untuk pembebasan kemiskinan," katanya. 

Jika melihat data kemiskinan di Jatim, Presiden Laskar Shalawat Nusantara (LSN) jelaskan masih melebihi nasional. Tidak salah bila BUMD sektor keuangan hadir untuk menyelesaikan masalah kemiskianan melalui bantuan modal sektor UMKM dan petani. 

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Pihaknya akan meminta anggota Fraksi Gerindra, terutama yang ada di Komisi C untuk mengawal kinerja penyaluran kredit Bank Jatim dan BPR Jatim untuk sektor informal. 

"Kami akan melihat seperti apa akses kredit bank Jatim, BPR Jatim yang diberikan di sektor ini, pertanian, UMKM dan informal yakni para PKL," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title