Pentingnya Peran NU dalam Pemberdayaan Sosial Menurut Gus Rijal Mumazziq

Gus Rijal Mumazziq dalam Halal Bihalal PCNU Sumenep
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Jatim –Rektor Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Kencong, Jember, Gus Rijal Mumazziq Z menjelaskan sebagai organisasi sosial keagamaan dengan basis massa yang besar, Nahdlatul Ulama (NU) perlu hadir memberikan perhatian serius dalam pemberdayaan sosial.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Hal itu ia sampaikan saat mengisi acara Halal Bihalal Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, Kamis, 18 Mei 2023.

"Tidak perlu uang banyak untuk membahagiakan warga NU. Cukup perhatikan mereka," kata Gus Rijal, sapaan lekatnya.

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Ia lantas menyebut, bahwa selama ini tak dapat dipungkiri, lebih sibuk mengurus organisasi secara administratif daripada mengurusi warganya. Sehingga, menurut Gus Rijal, perlu diselaraskan misi besar Nahdlatul Ulama dalam mewujudkan kesejahteraan sosial.

"Anomali di antara kita, tak dapat dipungkiri, manakala sebagian dari kita lebih sibuk ngurusi organisasi, daripada sibuk mengurusi warga. Artinya di sini perlu diselaraskan, misi kita dan sebagainya," lanjutnya.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Gur Rijal menambahkan, Nahdlatul Ulama yang sejak awal memiliki kaitan erat dengan warga di akar rumput, baik secara amaliah maupun jam'iyah, tentu sering menjumpai ragam persoalan yang dihadapi warganya sendiri. Hal ini, menurut Gus Rijal, perlu mendapatkan perhatian serius.

Ia lantas menceritakan satu fakta yang terjadi di kalangan warga NU. Ada salah seorang warga pejuang NU sejak kecil. Mulai dari aktif di IPNU, GP Ansor, Ranting NU, MWCNU hingga PCNU. Tiba-tiba ketika di usia tua, orang tersebut menderita penyakit stroke.

Halaman Selanjutnya
img_title