Pemkab Mojokerto Bekali Ratusan Remaja Rencanakan Masa Depan

Penguatan Life Skill Duta Genre se-Kabupaten Mojokerto 2023
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –Guna mengedukasi remaja Indonesia agar menjadi generasi yang mempunyai perencanaan kehidupan yang matang di masa depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar program penguatan life skill duta generasi berencana (Genre) Desa Se-Kabupaten Mojokerto tahun 2023. 

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

Kegiatan tersebut dipusatkan Pendopo Graha Maja Tama Pemkab Mojokerto, pada Selasa, 20 Juni 2023. Sedikitnya, ada 107 duta Genre dari 8 Kecamatan yang mengikuti program pembekalan tersebut. Terdiri dari 35 Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) jalur masyarakat dan 72 PIK R jalur pendidikan.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berkesempatan membuka acara tersebut. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto sugeng Nuryadi dan Narasumber dari SMKN 1 Jetis Aziz Cahya Pradana.

Ribuan Warga Terdampak Banjir, Pemkab Mojokerto Dirikan Dapur Umum

Bupati Ikfina berharap remaja dari Genre Kabupaten Mojokerto ini mempunyai kemampuan untuk merencanakan hidupnya.

"Bahwa hidup ini harus direncanakan. Dan ini program untuk para remaja. Bagaimana remaja ini bisa merencanakan hidupnya, yang akhirnya nanti adalah merencanakan berkeluarga," ujarnya.

Banjir di Mojokerto belum Surut, Perbaikan Tanggul Jebol Dikebut 

Bupati Ikfina juga menyinggung perihal bonus demografi. Ia menjelaskan Indonesia diperkirakan akan menghadapi era bonus demografi beberapa tahun ke depan, tepatnya pada tahun 2030 hingga 2040 mendatang. 

Bonus demografi yang dimaksud adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title