Kronologi Seorang Ustaz Terciduk Bawa Sabu ke Lapas Banyuwangi

Ilustrasi Narkoba
Sumber :
  • Istimewa

Banyuwangi, VIVA Jatim – Aksi penyelundupan narkoba ke dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) kembali berhasil digagalkan petugas. Kali ini, seorang ustaz berinisial MS yang ditugaskan untuk mengajar agama kepada para narapidana justru diamankan petugas karena terciduk membawa narkotika jenis sabu

Menuju Bebas Korupsi, Kemenkumham Jatim Dorong BHP Tingkatkan Pelayanan

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur Imam Jauhari, MS merupakan pengajar di salah satu pesantren di Glenmore, Banyuwangi. Kebetulan, pesantren tersebut bekerja sama dengan Lapas Banyuwangi untuk kegiatan keagamaan bagi napi di sana.

"MS baru tiga kali mengajar pembinaan kerohanian di Masjid Lapas Banyuwangi, mengajar setiap hari Rabu," kata Imam dilansir dari VIVA, Kamis, 22 Juni 2023.

1 Bandar dan 2 Pengedar Ditangkap Polisi Mojokerto, Pil Koplo Miliaran Disita

Pada Rabu ini, MS datang ke Lapas Banyuwangi sekira pukul 09.30 WIB. Sebagaimana pengunjung lainnya, ia juga tak luput dari pemeriksaan petugas di pintu masuk lapas. Selain badan, barang-barang yang ia bawa juga diperiksa.

Saat badan MS diperiksa, petugas menemukan dompet berisikan STNK yang dikaitkan ke kunci mobil di saku bajunya. Isi dompet kemudian diperiksa dan di situlah satu paket sabu ditemukan petugas, terselip di sela-sela STNK.

Dirjen PP Kemenkumham Dorong Daerah Ciptakan Peraturan yang Berkualitas

Kepala Lapas Banyuwangi, Wahyu Indarto, menambahkan, memang selama ini pihaknya bekerja sama dengan beberapa organisasi, termasuk pesantren, untuk memperkaya khazanah keilmuan agama para napi. Organisasi atau pesantren ini yang mengirim ustaz mengajar ilmu agama di Lapas Banyuwangi.

Sebetulnya, lanjut Wahyu, petugas sudah curiga dengan gelagat MS sejak pekan sebelumnya. Saat itu, setelah mengajar MS meminta petugas kesehatan agar memeriksa tekanan darahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title