Mbah Harun, Jamaah Haji Tertua Asal Pamekasan Bercerita selama Perjalanan Ibadah

Jamaah haji tertua Indonesia, Mbah Harun
Sumber :
  • Viva

Pamekasan, VIVA Jatim – Seorang jamaah haji Indonesia tertua tahun 2023 bernama Mbah Harun Senar Muhammad Alhamdulillah sudah sampai ke tanah air dengan selamat.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Jamaah haji yang berusia 119 tahun itu berasal dari Dusun Karang Duak, Desa Pangbatok, Kecamatan Proppi, Kabupaten Pamekasan

Mbah Harun bersyukur telah berhasil menunaikan rukun Islam kelima, yakni Haji. Ia tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 Debarkasi Surabaya. 

Per 28 Juli 2023, 172.904 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, 753 Meninggal Dunia

"Dengan segala rasa syukur, saya telah berhasil menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Karena dulu saya terlalu sibuk bekerja, akhirnya sekarang saya bisa sampai ke Tanah Suci, dan itu adalah panggilan dari Allah," ujar Mbah Harun, dikutip dari VIVA, Sabtu, 29 Juli 2023.

Mbah Harun bercerita, ketika berada di depan Ka’bah ia merasakan lemah. Pria yang sehari-harinya berdagang hewan ternak itu awalnya berniat menunaikan ibadah haji dengan berjalan kaki. 

Menjadi Jemaah Tertua, Kondisi Mbah Harun Dipastikan Tetap dalam Kondisi Sehat

Namun karena usianya yang sudah lanjut, ia merasa tak kuat untuk berdesak-desakan dengan para jamaah. Akhirnya, ia menggunakan kursi roda saat menyelesaikan tawaf pada tiga putaran terakhir.

“Akhirnya harus menggunakan kursi roda dalam melakukan ibadah tawaf,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title