India Akan Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Pertamanya, Ini Tujuannya

Roket H-II A
Sumber :
  • viva

Surabaya, VIVA JatimIndia akan meluncurkan pesawat ruang angkasa pertamanya untuk mempelajari Matahari akhir pekan ini, jika semuanya berjalan sesuai rencana.

5 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar, Indonesia Kedua setelah Pakistan

Observatorium surya Aditya-L1 dijadwalkan diluncurkan pada Sabtu, 2 September) pukul 02:20 EDT, menurut Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO).

Pesawat ruang angkasa ini akan lepas landas di atas Kendaraan Peluncur Satelit Polar dari Satish Dhawan Space Centre, di pulau Sriharikota, tak jauh dari pantai timur India.

Waspada Virus Nipah, Berpotensi Masuk Indonesia hingga Jadi Pandemi

Aditya-L1 awalnya akan menuju ke orbit rendah Bumi, di mana berbagai sistemnya akan mendapat pemeriksaan di luar angkasa dari tim misi. 

Jika semuanya baik-baik saja, pesawat ruang angkasa secara bertahap akan mengendurkan orbitnya, dan pada akhirnya akan terbebas dari tarikan gravitasi Bumi. Setelah itu, Aditya-L1 akan menuju ke Bumi-Matahari Lagrange Point 1, sebuah tempat yang gravitasinya stabil sekitar 1 juta mil (1,5 juta kilometer) jauhnya.

Kecelakaan Kereta Api Paling Mematikan, Ratusan Orang di India Meninggal dan Terluka

“Sebuah satelit yang ditempatkan pada orbit halo di sekitar titik L1 memiliki keuntungan besar karena dapat terus mengamati Matahari tanpa adanya okultasi atau gerhana,” tulis pejabat ISRO dalam deskripsi misi Aditya-L1.

Ini akan memberikan keuntungan lebih besar dalam mengamati aktivitas Matahari dan pengaruhnya terhadap cuaca luar angkasa secara real time, melansir dari situs Space, Selasa, 29 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title