Jembatan Pajarakan Rusak, Jalan Probolinggo - Situbondo Buka Tutup Hingga Senin Esok

Jembatan Probolinggo-Situbondo
Sumber :
  • Viva Jatim/Mokhamad Dofir

Probolinggo, VIVA Jatim – Jembatan Pajarakan yang berada di Ruas Probolinggo kilometer 119 atau 10 kilometer dari exit tol Gending, rusak. Arus lalu lintas di jalan itu pun diberlakukan sistem buka tutup.

Warga Surabaya Keluhkan Pagar Penghalang Motor di Trotoar Banyak yang Rusak

Laporan mengenai kerusakan jembatan diterima petugas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur Bali (BBPJN Jatim-Bali) pada Sabtu, 9 September 2023, sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi. Pihaknya pun langsung menerjunkan tim untuk menyurvei dan mengidentifikasi kerusakan.

Berdasar hasil survei, petugas BBPJN Jatim-Bali PPK 1.1 Provinsi Jawa Timur menemukan jika bangunan yang berada di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo itu mengalami penurunan batang baja IWF. Dimana sambungan rangka pada Segmen 1 telah rusak sehingga lantai jembatan menjadi berlubang.

Disperindag Lamongan Temukan Makan dan Minuman Rusak saat Sidak

"Kami telah menurunkan tim untuk segera melakukan pengamanan di lokasi Jembatan Pajarakan yang mengalami kerusakan dengan memasang rambu-rambu di lokasi jembatan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Satlantas Polres Probolinggo untuk melakukan pengaturan lalu lintas secara buka tutup," jelas Endhy Aktony, selaku PPK 1.1 Provinsi Jawa Timur BBPJN Jatim-Bali.

Ia mengatakan, penanganan kerusakan dengan cara membongkar Segmen 1 Jembatan Pajarakan. Setelah dibongkar, Batang Baja IWF yang sempat turun didongkrak kemudian dilas kembali hingga ke posisi semula.

Diduga Lapuk Termakan Usia, Jembatan Penghubung Antar Kecamatan di Lamongan Ambruk

"Lantai jembatan kemudian akan dicor menggunakan sika dan diperlukan kurang lebih 12 jam untuk pengeringan lantai jembatan tersebut," lanjutnya.

Dirinya memprediksi, penanganan Jembatan Pajarakan dengan panjang 46,7 meter dan lebar 9,9 meter itu akan rampung pada Senin, 11 September 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya
img_title