Ratusan Aktifis, Petani dan Mahasiswa di Mataram Gelar Aksi Solidaritas untuk Rempang

Massa di Mataram gelar aksi solidaritas untuk masyarakat Rempang
Sumber :
  • Viva

Mataram, VIVA Jatim – Ratusan mahasiswa, aktivis hingga petani menggelar aksi solidaritas di Kantor DPRD NTB dan Kantor Gubernur NTB di Mataram terhadap konflik agraria di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau di Mataram, Rabu 27 September 2023.

Pedagang Pasar Trenggalek Bakal Demo Lebih Besar Jika tak Ada Titik Temu

Aksi damai tersebut mendapat pengawalan aparat kepolisian. Seorang pengunjuk rasa, Yan Mangandar Putra mengatakan aksi dalam momentum Hari Tani Nasional tersebut menuntut sejumlah hal, termasuk konflik Rempang.

“Aksi ini juga salah satu tujuan kami untuk memberikan dukungan moril terhadap masyarakat Rempang yang saat sekarang sedang berjuang dari upaya-upaya oligarki yang mencoba menggusur mereka dari tanah kelahiran mereka padahal mereka sudah sangat lama ditempati,” katanya. 

Jaga Kesejukan Demokrasi, Prabowo Minta Pendukungnya Batalkan Aksi di MK

Yan berharap masyarakat Rempang tetap berjuang dan semangat untuk mempertahankan tanah kelahiran mereka dari cengkraman yang disebut sebagai oligarki.

“Kami doakan mereka tetap sehat, tetap semangat untuk terus berjuang karena semangat rakyat Rempang sekarang juga menjadi semangat kami. Karena permasalahan terkait konflik agraria yang dirasakan masyarakat Rempang juga kami rasakan,” ujarnya. 

Ribuan Milenial Gelar Aksi Damai di Gedung MK Besok, Kawal 96,2 Juta Suara Prabowo-Gibran

Dalam aksi tersebut, mahasiswa membentang masing-masing spanduk huruf yang bertulis ‘Save Rempang’.

Massa menilai konflik agraria yang terjadi di Rempang ada kemiripan dengan konflik-konflik yang terjadi di NTB. Penggusuran lahan masih terus terjadi di NTB atas nama investasi.

Halaman Selanjutnya
img_title