Wujudkan Swasembada Gula 2024, Wamentan RI Beri Bantuan Benih Tebu kepada Petani di Blitar

Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi saat di Blitar
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Blitar, VIVA Jatim-Dalam rangka pengawalan ketersediaan benih tebu untuk mendukung percepatan swasembada gula, Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi memberikan bantuan benih tebu kepada petani di Kebun Sumber Benih Tebu di Kabupaten Blitar.

Irjen Kementan Sinergi bersama Pemkab Mojokerto Jaga Alih Fungsi Lahan

Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi mengungkapkan program tersebut sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo yang menginstruksikan di Kementerian Pertanian untuk segera memaksimalkan lahan lahan yang produktif untuk segera dikembangkan kembali.

"Khususnya yang sekarang berada di kabupaten Blitar untuk meningkatkan  komoditas tebu. Sehingga yang diharapkan agar swasembada gula bisa di tahun-tahun kedepan bisa segera terwujud," ujar Harvick Hasnul Qolbi kepada awak media, Selasa, 21 November 2023.

Lembaga Pangan Diminta segera Kendalikan Harga, Bambang Haryo: Tak Ada Istilah Kiamat Beras

Harvick menambahkan yang perlu ditingkatkan dalam perkebunan tebu ini adalah parsial. Artinya segmentasi zonasi mana yang lahan kurang baik akan ditingkatkan.

Alumnus pendidikan sarjana teknik industri Universitas Persada Indonesia YAI mengatakan mendorong supaya lahan tersebut bisa menghasilkan kualitas yang terbaik dan juga kuantitas.

Kerja Sama dengan Jepang, Cara Kementan Perkuat SDM Pertanian Tanah Air

"Jadi bukan hanya memanfaatkan lahannya, tetapi juga tentu tentu saja agar kualitas tebunya sehingga akhirnya produk hilir berupa gula meningkat, serta juga produk-produk lainnya," paparnya.

Perihal produksi, ia mengaku memang sekarang ini secara nasional masih kurang atau defisit 800 ribu ton. Oleh sebab itu, langkah pemerintah setelah kemarin El-Nino, sekarang memang dikatakannya sedang mencoba maksimalkan tantangan ini dengan melibatkan semua stakeholder.

Halaman Selanjutnya
img_title