Belum Genap 2 Tahun Memimpin, Eri Cahyadi Raih Tiga Kali Penghargaan

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi 3 kali terima penghargaan
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Wali Kota Eri Cahyadi memang belum genap dua tahun memimpin Kota Surabaya. Namun, sudah tiga kali mendapatkan penghargaan sebagai pemimpin terpopuler versi media karena memiliki berbagai terobosan dan inovasi. 

Jangan Lupa! Hari Minggu Rujakan di Festival Rujak Uleg di Balai Kota Surabaya

Penghargaan pertama yang diterima Eri adalah Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama 2022 yang diberikan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) pada 6 Juli 2022. 

Kemudian penghargaan kedua adalah Pemenang Pemimpin Terpopuler di Media Online 2021 kategori Wali Kota yang diberikan oleh Humas Indonesia, bagian dari PR Indonesia Group pada Jumat (5/8/2022), tepatnya dalam puncak acara perhelatan penghargaan IDEAS 2022 yang digelar di NTT.

Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19, Pemkot Surabaya Siapkan 2 Stadion

Yang terbaru, Eri berhasil meraih penghargaan sebagai pemenang Pemimpin Terpopuler di Media Digital 2022. Penghargaan ini diberikan oleh Humas Indonesia yang merupakan bagian dari PR Indonesia Group dalam ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) yang digelar di Malang, Jumat (28/10/2022) malam.

Bahkan, dalam penghargaan AHI 2022 ini, Pemkot Surabaya juga mendapatkan penghargaan sebagai pemenang Institusi Terpopuler di Media Digital 2022. 

Nanti Malam Jantung Kota Surabaya bakal Macet, Catat Jalur Alternatifnya!

Baca juga: Tekan Stunting dan Anemia, Surabaya Dukung Aksi Bergizi Kemenkes RI

Dalam kesempatan itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya juga berhasil meraih penghargaan kategori Kanal Digital, Sub-Kategori Aplikasi setelah mengangkat aplikasi e-Peken, dan kategori Kanal Digital, sub-kategori Website, yaitu situs resmi Pemkot Surabaya. 

Total 4 penghargaan yang berhasil diborong Pemkot Surabaya dalam kompetisi tersebut.

Wali Kota Eri Cahyadi mengaku bersyukur karena sudah mendapatkan penghargaan ini. Sebenarnya, penghargaan bukanlah tujuan utama dari berbagai terobosan dan inovasi yang telah dilakukannya selama ini. 

Sebab, kata Eri, tujuan dari berbagai terobosan itu adalah menyejahterakan dan membuat warga Kota Surabaya bahagia.

“Jadi, penghargaan ini untuk seluruh warga Kota Surabaya, termasuk media. Karena memang yang mengkomunikasikan dan menyebarluaskan berbagai program itu adalah media,” katanya.

Sejak awal menjabat wali kota Surabaya, ia mengaku selalu siap berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat, termasuk para media. 

Bahkan, ia juga berkali-kali meminta sumbangsih saran serta masukan kepada media. Juga mengajak media untuk ikut membantu mendorong serta mengawasi kerja Pemkot Surabaya. 

Baca juga: Teken MoU di UGM, Pemkot Surabaya Serius Selesaikan Masalah Kemiskinan

“Kita memang berkolaborasi dengan media untuk bersama-sama membangun Surabaya,” tegasnya.

Sementara Kepala Diskominfo Surabaya, M. Fikser juga menegaskan, penghargaan ini sejatinya untuk warga Kota Surabaya dan para awak media yang selama ini selalu bersinergi dengan Pemkot Surabaya. 

Ia juga menjelaskan bahwa penghargaan ini bukan tujuan utama, karena ini memang bagian dari layanan Pemkot Surabaya untuk memperluas informasi publik.

"Tentu ke depannya kita akan terus berkolaborasi dengan media dalam membangun Surabaya, karena itulah yang selalu disampaikan Pak Wali Kota kepada kami di Diskominfo," katanya.

Kompetisi Selama Sebulan

Sementara itu, Founder & Ceo Humas Indonesia Asmono Wikan mengatakan selama lebih dari satu bulan ini, sejumlah korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah berkompetisi di ajang AHI 2022.

Ada lima kategori yang dipertandingkan, mulai dari kategori Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik Terinovatif, PPID Terbaik, Media Internal, Kanal Digital, dan Program Kehumasan Pemerintah (Government Public Relations/GPR).

Baca juga: Hari Santri Nasional, Pemkot Surabaya Undang Para Santri ke Balai Kota

“Penjurian AHI 2022 berlangsung secara hibrid selama dua hari berturut-turut dari tanggal 10-11 Oktober 2022 dengan melibatkan juri-juri profesional,” kata Asmono Wikan.

Setelah melalui tahap penjurian, Dewan Juri memutuskan memberikan penghargaan AHI 2022 kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya untuk kategori Kanal Digital, Sub-Kategori Aplikasi dan Kategori Kanal Digital, sub-kategori Website.

Selain itu, dalam kompetisi AHI 2022 ini juga dilakukan pemilihan kategori terpopuler di Media Digital bagi pemimpin dan institusi melalui proses media monitoring dengan menggandeng NoLimit.

Berdasarkan hasil monitoring dan analisis kualitatif yang dilakukan, akhirnya ditetapkan bahwa Bapak Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, sebagai Pemenang Pemimpin Terpopuler di Media Digital 2022 dan Pemerintah Kota Surabaya sebagai Pemenang Institusi Terpopuler di Media Digital 2022.

“Kami sampaikan terimakasih kepada seluruh korporasi, instansi dan lembaga yang sudah berpartisipasi dalam ajang AHI 2022 ini,” pungkasnya