Wabah Chikungunya Landa Bojonegoro, Sejumlah Warga Demam dan Lumpuh

Warga alami kelumpuhan akibat penyakit chikungunya
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Bojonegoro, VIVA JatimWabah chikungunya melanda wilayah Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro. Sedikitnya 6 warga setempat dilaporkan las hingga lumpuh akibat terserang penyakit tersebut.

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

Kepala Desa Sukosewu Suwarno mengatakan, warga yang terserang penyakit yang dibawa melalui gigitan nyamuk tersebut umumnya mengalami  keluhan sakit seperti demam dan nyeri sendi. Warga yang mengalami penyakit itu terjadi di RT 15, 16, 17, dan RT 18.

"Hasilnya berdasarkan identifikasi oleh petugas Puskesmas Sukosewu warga yang sakit lumpuh itu terjangkit virus chikungunya yang disebarkan oleh nyamuk dan telah menyebar di empat wilayah desa," kata Suwarno.

Pom Mini di Bojonegoro Ludes Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Suwarno melanjutkan, warga yang terkena penyakit tersebut berusia dewasa dan lansia. Sementara kejadian lumpuhnya warga di 4 RT itu sudah mendapat penanganan dari Puskesmas Sukosewu.

"Yang lumpuh adalah orang tua, ada 6 orang yang sakit, dua di antaranya sudah berangsur pulih dan dapat berjalan namun masih pakai alat bantu," terangnya.

Sekolah hingga Jembatan di Bojonegoro Rusak akibat Diterjang Banjir Bandang

Kepala Puskesmas Sukosewu dr Afrida mengatakan, telah menindaklanjutinya dengan melakukan pemeriksaan epidemiologi pada 12 Desember 2023 yang lalu dan dilanjutkan dengan pemberian obat abate diikuti dengan pemberantasan sarang nyamuk keesokan harinya di tanggal 13 Desember 2023.

"Kemarin sudah kita lakukan pemeriksaan epidemiologi guna mengidentifikasi penyebaran virus, radiusnya kurang lebih 300 meter," pungkasnya.