Menkeu Sri Mulyani Beri 3 Pesan Tentang Ekonomi Jelang Debat Cawapres

Menkeu Sri Mulyani
Sumber :
  • Antara/Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani memberikan pesan kepada tiga calon wakil presiden (cawapres) yang akan menjalani debat terkait isu ekonomi pada Jumat malam ini, 22 Desember 2023. Salah satu yang menjadi perhatian Sri Mulyani adalah pengeluaran dan pajak.

Hadiri Sidang Sengketa Pilpres, Sri Mulyani: Bansos Masuk Fungsi APBN

Dia menyatakan betapa pentingnya bagi pemimpin untuk mengurangi pengeluaran dan menaikkan pajak (kontrasyklis) guna menstabilkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan keputusan untuk menerapkan instrumen siklikal perlu diwaspadai dengan perubahan perekonomian dunia.

"Kalau cyclical juga penting. Karena kita itu tidak menjaga ekonomi seperti di jalan tol lurus tanpa hambatan selalu terjadi syok yang sering terjadi," ujar Sri Mulyani dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia, Jumat, 22 Desember 2023.

Ini Dia Kabar Baik dari Menkeu Sri Mulyani soal THR PNS dan Pensiunan

Lebih lanjut, dia menyampaikan pada pandemi Covid-19 lalu instrumen cyclical ini sempat digunakan. Tentu, kata dia, sejalan dengan kondisi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang kuat dan sehat.

"APBN selama ini kan waktu mulai dari pandemi bahkan di before pandemi kita selalu menjadi cyclical dan shock absorber yang efektif. Pasti itu bisa dilakukan kalau APBN nya kredibel dan sehat dan kuat," jelasnya.

Mahfud MD Nilai Kurang Tepat Program Makan Siang Gratis Masuk APBN 2025

Sri Mulyani juga menyoroti soal kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia yang perlu diperbaiki dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi. Namun, untuk memperbaiki kualitas SDM itu tak cukup dalam waktu satu dekade.

Resep ingredient basic-nya nggak berubah pertumbuhan tinggi yang sustainable itu kalau dipacu oleh productivity. Productivity itu berarti masalah struktural makanya kita selalu ngomongin infrastruktur, SDM itu nggak akan selesai dalam waktu 1 dekade,” tutur Sri Mulyani.

Halaman Selanjutnya
img_title