Tertinggi dalam Lima Tahun Terakhir, Serapan Anggaran Belanja Pemkot Mojokerto Tembus 91,83 Persen

Serapan Anggaran Belanja Pemkot Mojokerto Tembus 91,83 Persen
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim- Serapan anggaran belanja Pemerintah Kota Mojokerto Tahun 2023 menunjukkan angka yang membanggakan. Per akhir tahun 2023 ini, serapan anggaran belanja tersebut mencapai 91,83 persen atau Rp 1,1 triliun. Capaian serapan anggaran belanja tahun 2023 ini tercatat tertinggi dalam lima tahun terakhir. 

Tumpakan Sampah di TPS Benpas Timbulkan Bau Menyengat, Pj Wali Kota Mojokerto Turun Tangan

"Alhamdulillah serapan anggaran belanja Pemkot Mojokerto tembus 91,83 persen. Ini membuktikan bahwa kinerja seluruh elemen dalam melaksanakan program dan mewujudkan pembangunan Kota Mojokerto berjalan sangat optimal," kata Ali, Senin 01 Januari 2024.

Ali mengatakan serapan anggaran belanja yang tinggi ini menunjukkan betapa impresif pemerintah daerah Kota Mojokerto dalam mengelola keuangan yang dimiliki dalam rangka merealisasikan program-program yang telah direncanakan. 

Ini Pemicu Banjir Genangi Kelurahan Meri Kota Mojokerto

Selain itu, hal tersebut juga menunjukkan komitmen Pemkot Mojokerto dalam merealisasikan program yang telah ditargetkan di awal tahun. APBD yang telah dianggarkan tahun sebelumnya diupayakan pemanfaatannya secara optimal terutama untuk menyasar program-program terkait Enam Pelayanan Dasar yang wajib dalam urusan pemerintahan. 

“Selain itu meningkatnya serapan anggaran ini juga mencerminkan adanya peningkatan kinerja di jajaran Pemkot Mojokerto. Tidak mungkin serapan naik, jika tidak kinerja lebih dari tahun sebelumnya. Ini sekali lagi meneguhkan komitmen ASN di lingkungan pemkot untuk senantiasa melayani masyarakat, khususnya warga Kota Mojokerto,” ucap Pj Wali kota yang juga menjabat sebagai Kadispora Jatim ini.

Gerakan Minta Karcis, Cara Pemkot Surabaya Berantas Jukir Liar dan Tambah PAD

Sementara itu, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mojokerto sepanjang tahun anggaran 2023 telah mencapai 103 persen dan melebihi target. Berdasarkan data Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) capaian realisasi PAD Pemkot Mojokerto Tahun 2023 mencapai Rp 243,6 miliar. 

"Capaian realisasi PAD kita tahun 2023 sebesar Rp 243,6 miliar. Angka ini lebih besar dari target Rp 235 miliar. Alhamdulillah capaian PAD kita tahun ini juga lebih tinggi dibanding PAD tahun lalu, yaitu Rp 232,59 miliar," ucapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title