Dissenting Opinion Kali Pertama dalam Sejarah MK, Hampir Pemilu Ulang!

Sidang Putusan Singketa Pilpres 2024 oleh Mahkamah Konstitusi
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube Mahkamah Konstitusi

Surabaya, VIVA Jatim – Dalam catatan sejarah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), Dissenting Opinion atau perbedaan pendapat baru pertama kali terjadi dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau Sengketa Pilpres 2024. 8 hakim MK rupanya tidak satu suara dalam memutus perkara tersebut. 

MK Bakal Sidangkan 297 Perkara PHPU Pileg 2024

Dalam amar putusan yang dibacakan Ketua MK Suhartoyo menyatakan MK menolak seluruh permohonan yang diajukan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Pranowo. Menurut MK, permohonan kedua kubu tersebut tidak beralasan menurut hukum untuk seluruhnya.

Menariknya, dari 8 Majelis Hakim Konstitusi yang mengadili perkara tersebut, tiga diantaranya punya pendapat berbeda atau dissenting opinion, yakni Hakim Konstitusi, yakni Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat.

Gerindra Berharap Usai Putusan MK Kondisi Ekonomi Bangsa Membaik

Salah satu poin dissenting opinion ketiga Hakim Konstitusi adalah meminta pemungutan suara ulang atau PSU di sejumlah daerah.

Apabila Ketua MK Suhartoyo termasuk dalam Hakim Konstitusi yang menyatakan dissenting opinion, bisa jadi dalil pemohon yang meminta pemungutan suara ulang akan menjadi kenyataan, karena agregat putusan menjadi 4-4.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Sebab, posisi Ketua MK Suhartoyo selaku ketua sidang akan menjadi sangat penting ketika agregat putusan menjadi 4-4. Putusan MK akan menitikberatkan pada posisi Ketua MK berada.

Namun demikian, Suhartoyo memiliki sikap yang sama dengan 5 Hakim Konstitusi lainnya yang menyatakan dalil pemohon tidak berlasan dengan hukum, sehingga menolak dalil pemohon untuk keseluruhan.  

Halaman Selanjutnya
img_title