PDIP Jatim Mulai Berhitung Peluang Duet Kiai Marzuki-Risma di Pilgub Jawa Timur 2024

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisawarno
Sumber :
  • VIVA Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA JatimPDI Perjuangan atau PDIP Jawa Timur terus membaca peluang segala kemungkinan yang akan terjadi di Pemilihan Gubernur Jatim 2024. 

Anies Maju Pilgub DKI Jakarta, Hasto PDIP: Fokus Pilkada Kabupaten/Kota

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan, pihaknya terus berhitung, termasuk adanya peluang berkoalisi dengan PKB mengusung duet KH Marzuki Mustamar-Tri Rismaharini yang akhir-akhir ini santer mencuat ke publik. 

"Kalau ngobrol santai dengan PKB Jatim sudah ada. Api masih belum ada kesepakatan. Ya semua masih dinamis," kata Untari, Selasa 17 Juni 2024. 

Nama Risma Mencuat di Pilgub, Hasto PDIP: Semua untuk Kemajuan Jatim

Bagi Untari dua nama itu sama-sama merupakan pribadi berintegritas dan termasuk figur besar. Kiai Marzuki adalah mantan Ketua PWNU Jatim sementara Risma merupakan Menteri Sosial yang juga mantan Wali Kota Surabaya dua periode. Sekaligus merupakan pengurus di DPP PDIP.  "Kami saat ini terus mengkaji langkah," kata Untari. 

Menurut Untari, nama Risma memang menjadi salah satu kandidat kader di internal PDIP untuk dimunculkan di kontes Pilgub. Selain Risma, juga ada para kepala daerah muda yang merupakan kader PDIP. Semua nanti bergantung keputusan partai di tingkat pusat. "Saat ini konstelasi politik Pilgub masih sangat dinamis," tegasnya. 

PKB Dapat Sinyal Positif Kiai Marzuki Mustamar Bersedia Maju Pilgub Jatim

Untari mengakui, PDIP saat ini memang hanya memiliki dua opsi utama lantaran belum cukup kursi untuk mengusung pasangan calon sendiri. Dua opsi itu yakni, bergabung dengan Khofifah-Emil atau menggalang poros baru bersama PKB. 

"Antara dua opsi itu kalau mau kerjasama. Tapi nanti itu bergantung dari keputusan Ibu ketua umum," jelas wanita yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim. 

Halaman Selanjutnya
img_title